WNA yang Paham Bahasa dan Budaya Indonesia Diundang Ikuti Lomba dalam Festival Handai Indonesia

Achmat
Ada delapan jenis lomba yang dapat diikuti, antara lain bercerita, berkomedi tunggal, bermain peran, musikalisasi puisi. Lomba ini ditujukan khusus untuk warga negara asing (WNA). Foto: Ilustrasi Badan Bahasa.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali menggelar Festival Handai Indonesia. Festival ini ditujukan khusus untuk warga negara asing (WNA), terutama yang mampu berbahasa Indonesia, serta memahami budaya Tanah Air. 

Badan Bahasa memberikan ruang bagi warga negara asing untuk bertutur kreatif melalui berbagai lomba. Ada delapan jenis lomba yang dapat diikuti, antara lain bercerita, berkomedi tunggal, bermain peran, musikalisasi puisi. 

Kemudian bagi yang suka bernyanyi, warga negara asing dapat membawakan lagu Indonesia dari karya musisi Indonesia pastinya. Ada juga lomba pidato, membacakan puisi, hingga membawakan sebuah reportase. 

Syarat utama mengikuti lomba ini sudah pastinya adalah WNA. Kemudian selain mahir berbahasa Indonesia, usianya wajib lebih dari 18 tahun. 

Lomba juga dapat diikuti secara individu maupun kelompok. Namun, bagi yang sudah pernah menjadi peserta terbaik pada lomba tahun sebelumnya, dilarang mengikut FHI 2022. 

Bagi WNA yang ingin mengikuti lomba ini segera melakukan pendaftaran sebelum 18 Oktober 2022 melalui bipa.kemdikbud.go.id/fhi. Peserta cukup mengunggah hasil karyanya melalui kanal YouTube. 

Adapun pengumuman pemenang akan disampaikan pada 28 Oktober 2022, bertepatan dengan hari Bahasa Nasional. Selain mendapatkan sertifikat, pemenang 1-3 akan mendapatkan penghargaan berupa uang dalam bentuk denominasi rupiah.
 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network