Sosok di Balik Suksesnya HokBen, Restoran Ala Jepang yang Ternyata Asli Indonesia

Kartika
Saat pembukaan gerai HokBen ke-300 di Padang, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu. Foto: Instagram

DEPOK, iNewsDepok.id - Siapa yang tidak mengenal restoran cepat saji ala Jepang HokBen, yang dulu dikenal dengan nama Hoka Hoka Bento. HokBen merupakan salah satu pelopor restoran yang mengusung konsep Jepang di Indonesia.

Meski memiliki konsep Jepang, namun siapa sangka jika restoran cepat saji ini didirikan oleh orang asli Indonesia. Adalah Hendra Arifin, sosok di balik suksesnya HokBen di Tanah Air.

Sebelum membangun bisnis restoran, Henda adalah seorang karyawan di perusahaan yakni PT Astra Internasional. Keputusan Hendra meninggalkan zona nyaman setelah 13 tahun bekerja ditentang oleh keluarga dekat. Bahkan, rekan-rekannya di Astra juga ikut menyayangkan keputusannya tersebut. 

Setelah berhenti bekerja, Hendra pun bertekad untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Ia pun memulai membangun bisnis kuliner.

Hendra terinspirasi dari kebiasaan orang kantoran di Jepang yang lebih memilih untuk membawa bekal dari rumah. Bekal berbentuk nasi kotak atau yang disebut bento tersebut, disantap ketika istirahat makan siang. 

Dalam membangun usaha kuliner ini, Hendra pun mempelajari seluk-beluk makanan tersebut langsung ke Jepang.

Pada akhirnya, dia juga membeli sistem dan izin penggunaan merek Hoka Hoka Bento di Jepang, meski restoran tersebut kini tak lagi ada di Negeri Sakura. Itulah yang menjadi langkah awal Hendra mendirikan perusahaan. 

Secara resmi, Hendra mendirikan Hoka Hoka Bento di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Restoran pertama berdiri di Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hendra tertarik mengembangkan restoran cepat saji ala Jepang karena saat itu belum ada konsep tersebut di Indonesia.

Pada konsep awal dari restoran Hoka Hoka Bento adalah take away tanpa layanan makan di tempat. Seiring berjalannya waktu, konsep awal ini diganti dengan menyediakan kursi dan meja sehingga pelanggan bisa makan di tempat. 

Selanjutnya, Hoka Hoka Bento membuka cabang pertama di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1990. Kemudian Hoka Hoka Bento berekspansi ke Surabaya, Sidoarjo, dan Malang, Jawa Timur.

Hendra memutuskan untuk tidak membuka waralaba atau franchise, sehingga seluruh gerai merupakan cabang asli dari Hoka Hoka Bento. 

Demi menjaga kualitas makanannya, Hendra juga memutuskan untuk mendirikan pabrik di sejumlah tempat seperti di Ciracas, Bogor, Yogyakarta hingga Surabaya. 

Pada 15 Oktober 2013 Hoka Hoka Bento secara resmi hadir dengan nama baru, yakni HokBen.

Pergantian brand menjadi HokBen ini turut didasari saran para pelanggan, berupa pergantian nama yang lebih mudah diucapkan dan tampilan logo lebih segar dan bersahabat.

Alhasil bisnis HokBen semakin berkembang hingga membuka cabang di luar Pulau Jawa.

Perkembangan bisnis selanjutnya, pada Oktober 2020, HokBen memperkenalkan konsep gerai baru, yaitu HokBen Kitchen, yakni store yang hanya melayani pesanan dibawa pulang (take away) dan pesan antar (delivery). 

Saat ini 26 HokBen Kitchen terdapat di sejumlah tempat di Jabodetabek. Sementara gerainya mencapai ratusan di seluruh Indonesia. Pada Juni lalu, Hokben membuka gerai ke-300 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Pendiri Restoran ala Jepang HokBen, yang Ternyata Asli Indonesia "

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network