get app
inews
Aa Read Next : Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Ingatkan Kepala Bapanas Baru Harus Sosok Mumpuni

Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Melesat Pasca Rakernas Projo

Senin, 13 Juni 2022 | 17:20 WIB
header img
Ganjar dan Luhut sepakat untuk menunda rencana kenaikan tarif naik ke puncak Candi Borobudur. Keputusan ini berdasarkan usulan Ganjar yang diajukan ke Luhut (Foto : Dok.Pemprov Jateng)

JAKARTA, iNewsDepok.id - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei nasional terkait elektabilitas atau tingkat keterpilihan bakal calon presiden (Capres) yang akan bertarung di 2024 

Hasil survei itu menyebutkan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin melesat, mengungguli bakal calon yang lain, karena dari total responden, Ganjar memperoleh 36,5%, sementara Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto 26,7% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 24,9%.

"Kalau kita melihat hanya Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan dari 33,3%, lalu mengalami stagnasi pada survei bulan Desember ke bulan April, dan kemudian naik ke 36,5% pasca Rakernas Projo pada tanggal 21 Mei 2022 di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam rilis virtualnya, Senin (13/6/2022). 

Dia mengakui, naiknya elektabilitas Ganjar sedikit banyak merupakan efek Rakernas Projo itu, di mana kala itu Presiden Jokowi bicara soal permasalahan bangsa, dan meminta relawannya untuk bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam konteks menentukan sikap untuk Pilpres 2024.

"Apa yang disampaikan Presiden Jokowi itu ditafsirkan oleh sebagian pihak sebagai dukungan kepada Ganjar Pranowo, dan saya pikir ternyata berkolerasi linier dengan naiknya elektabilitas Ganjar, baik pada simulasi 10 nama dan 3 nama pada momen yang sama," jelasnya.

Dia juga mengatakan kalau Rakernas itu salah satu momen yang berpengaruh besar dalam memberitakan pencapresan Ganjar. 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut