get app
inews
Aa Read Next : Kekerasan Seksual dan Psikis Butuh Lebih Banyak Perhatian dari Pemerintah Indonesia

Sempat Mau Diinterpelasi PDIP dan PSI, Eh Jokowi Malah Tinjau Sirkuit Formula E

Senin, 25 April 2022 | 17:12 WIB
header img
Presiden Jokowi dengan didampingi Gubernur Anies Baswedan memberikan keterangan pers usai meninjau sirkuit Formula E, Senin (25/4/2022). Foto: tangkapan layar YouTube

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Jokowi dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (25/4/2022), meninjau pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa dan di lapangan seperti ...kita lihat saya kira untuk apa ...untuk trek balapannya sudah siap, kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddok dan grandstand-nya," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau.

Ia menyakini penyelesaian fasilitas-fasilitas itu dapat dikejar, karena masih ada waktu sehabis lebaran.

"Yah, kita harapkan nanti di awal Juni kita bisa melihat balapannya," kata dia.

Formula E merupakan program Anies Baswedan yang paling kontroversial, karena ditolak Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI Jakarta, dan juga para pendukung Jokowi. Fraksi PDIP dan PSI bahkan sempat ingin menginterpelasi program itu, tapi gagal karena tujuh fraksi lain di DPRD DKI, termasuk PKS dan Golkar, tidak mendukung upaya itu.

Namun, ada pihak yang telah melaporkan komitmen fee program itu sebesar Rp 560 miliar yang telah dibayarkan Pemprov DKI Jakarta kepada Formula E Operations (FEO), karena diduga merugikan keuangan negara.

Anies yang mendampingi Jokowi saat memberikan keterangan pers menjelaskan, trek Formula E telah selesai dibangun, sementara yang masih dikerjakan selain paddok dan grandstand adalah pagar.

Sirkuit Formula E memiliki lima zona dengan panjang lintasan 2,5 kilometer serta memiliki 18 tikungan.

Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia, Irawan Sucahyono, menerangkan, sirkuit Formula E dilengkapi banking atau lintasan yang sengaja dimiringkan dengan kemiringannya mencapai 6 derajat.

 

 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut