Scarlett: Lebih dari Sekadar Kecantikan, Kisah Inspiratif Perempuan yang Saling Mendukung

JAKARTA, iNews.id - Scarlett, merek kecantikan yang identik dengan parfum beraroma manis dan produk perawatan tubuh yang berkualitas, ternyata memiliki cerita yang jauh lebih dalam.
Di balik kesuksesannya, terdapat visi mulia untuk memberdayakan perempuan dan memberikan dampak positif bagi sesama.
"Fokus kami memang pada perempuan, 'women empower women', saling mendukung. Namun, lebih dari itu, Scarlett terbuka untuk semua orang, tanpa batasan gender. Sebenarnya bisa untuk banyak orang juga gitu. Tidak terkotak hanya kepada perempuan," ungkap Felicya Angelista, Pendiri (Co-Founder) Scarlett, dalam sebuah wawancara di acara #ManisnyaRamadan - Media Iftar Gathering bersama Scarlett, Jumat 7 Maret 2025 di Al Jazeerah Lounge Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.
Women empower women begitu erat dipegang oleh produk kecantikan Scarlett. Melalui beragam inovasi produknya, Scarlett ingin semua perempuan tanpa terkecuali, bisa tampil percaya diri, baik fisik maupun mental.
Tercermin dari inovasinya di tahun lalu, dimana Scarlett meluncurkan Bright Mood Booster Body Lotion dengan Formula Baru yang Disempurnakan. Merawat kulit sekaligus meningkatkan mood, body lotion ini hadir dalam lima varian unik.
Mewakili keberagaman perempuan dengan gaya dan kepribadiannya masing-masing. Yaitu; Bright Mood Booster Body Lotion - Jolly untuk aroma menyegarkan sekaligus menciptakan suasana hati ceria dan penuh semangat. Bright Mood Booster Body Lotion - Charming, aroma memikat untuk menciptakan suasana hati penuh percaya diri dan elegan. Bright Mood Booster Body Lotion - Romansa yang memberikan kesegaran juga suasana hati romantis penuh gairah. Bright Mood Booster Body Lotion - Happy dimana memberikan kesegaran serta suasana hati positif dan antusias. Bright Mood Booster Body Lotion - Freshy untuk kesegaran dan juga menciptakan suasana hati berenergi penuh semangat.
Memberdayakan perempuan, Scarlett juga hadir dengan program reseller-nya bagi mereka yang ingin menambah penghasilan dengan berbisnis, tetapi tidak punya modal dan ide.
Tak hanya melalui produknya, Women empower women juga hadir melalui berbagai program yang digelar. Sebut saja program CSR jangka panjang, “Scarlett Beauty Impact” yang didedikasikan untuk menciptakan dampak positif bagi perempuan dan kemanusiaan.
Melalui inisiatif tersebut, Scarlett membangun komunitas "Scarlett Beautyverse" yang menghadirkan kelas-kelas online maupun offline untuk memberikan panduan dan pelatihan dalam meningkatkan kapabilitas serta keterampilan para perempuan.
Komunitas ini mengadakan berbagai kegiatan positif, seperti pelatihan menjadi afiliator, konten kreator, dan make-up, serta program-program yang mendukung kepercayaan diri.
"Aku ingin di Scarlett Beautyverse semuanya saling mendukung. Semuanya saling bantu, jadi kita merasa kalau kita itu nggak sendiri kok," ujar Felicya.
"Ingin selalu jadi berkat untuk semua orang," begitu ucap Felicya saat ditanya perihal impiannya. Impian mulia inilah yang bisa jadi membuat bisnisnya semakin berkembang sejak didirikan di tahun 2017 lalu.
Kini Scarlett menjadi salah satu merek kecantikan yang populer di Indonesia dan memiliki beragam produk kecantikan mulai dari body lotion hingga serum wajah.
Felicya sendiri dikenal sebagai seorang aktris, penyanyi, sekaligus pengusaha Indonesia. Isteri dari Caesar Hito ini memulai kariernya sebagai aktris sejak tahun 2012. Kala itu, perempuan kelahiran Jakarta, 2 November 1994 ini membintangi sinetron pertamanya berjudul ‘Oh Ternyata’.
Felicya mengaku bahwa perjalanan Scarlett tidaklah selalu mulus. Tantangan terbesar adalah saat pandemi COVID-19 melanda. Namun, di tengah kesulitan, Scarlett justru semakin berkembang karena banyak orang yang beralih menjadi reseller Scarlett.
"Di saat itu pun, maksudnya di saat Scarlett baru dibangun pun udah ada pandemic. Tapi ternyata yang kita pikir bakalan down. Tapi ternyata bisa up dan justru kita bisa sama-sama jadi berkat," tutur Felicya.
Umrah Impian Nenek Penjual Sayur
Kembali menjadi berkat untuk orang lain, kisah menyentuh diceritakan Felicya, saat ia berhasil memberangkatkan Umrah seorang nenek penjual sayur dan buah asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Pertemuan tak terduga dengan nenek tersebut, yang akrab disapa Nenek Naah, terjadi saat Felicya mengunjungi reseller Scarlett di Banjarmasin, membuka jalan bagi impian sang nenek untuk menunaikan ibadah Umrah.
"Aku langsung bilang sama tim aku, aku ingin Nenek Naah bisa berangkat Umrah," kenang Felicya. Nenek Naah, yang telah berusia hampir 80 tahun, bercerita bahwa ia telah lama menabung untuk Umrah, namun selalu terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.
Perjalanan Nenek Naah ke tanah suci pun penuh haru. Ia membawa kain kafannya sendiri dari Banjarmasin, dengan harapan dapat menggunakannya kelak setelah didoakan di sana. "Nenek Naah rupanya memendam keinginan kalau ia bisa berpulang di tanah suci," kata Felicya penuh haru.
Tak hanya Nenek Naah, Felicya juga menceritakan kalau ia berhasil memberangkatkan seorang pemandi mayat yang penuh pengabdian dan tulus karena terkadang ia juga yang menyediakan kain kafan untuk sang mayat. "Kita tuh memang maunya benar-benar orang yang sudah berharap banget untuk bisa Umrah," jelas Felicya.
"Kita juga punya program Umrah untuk orang-orang terkasih. Dimana melalui program ini, Scarlett memberikan kesempatan bagi para pelanggan setia untuk memberangkatkan orang-orang terkasih mereka, seperti orangtua atau kakek-nenek, untuk menunaikan ibadah Umrah," ungkap Felicya.
"Jadi maksudnya yang ngasih Umrah itu bukan dari Scarlett, tapi dari anaknya. Kalau anaknya mau berangkat enggak apa-apa. Tapi kalau dia mau memberikan lagi untuk orang-orang terkasihnya, ya Alhamdulillah," kata Felicya.
Scarlett Beauty Impact Hadirkan Kampanye #ManisnyaRamadan
Di momen Ramadan 1446 H/ 2025 M Scarlett Beauty Impact menghadirkan kampanye #ManisnyaRamadan, mengajak masyarakat merayakan bulan suci dengan penuh makna.
Sebagai bagian dari program CSR berkelanjutan, kampanye ini mencerminkan komitmen Scarlett Beauty Impact dalam mendukung berbagai inisiatif sosial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Kampanye ini juga meliputi peluncuran produk terbaru dari lini parfum Ramadan di bulan ini. “Ramadan selalu menjadi momen istimewa bagi Scarlett. Setiap tahunnya, kami menghadirkan berbagai inisiatif sosial di bulan Ramadan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Tahun ini, kami mengangkat tema #ManisnyaRamadan, terinspirasi dari makna Ramadan sebagai momen penuh berkah, kebersamaan, dan kepedulian. Lebih dari sekadar makna harfiah, kami ingin ‘manisnya’ Ramadan terasa dalam kehangatan dan kepedulian yang berlanjut di luar bulan suci,” kata Felicya.
Salah satu program spesial di tahun ini adalah Umrah Bareng Scarlett, yang merupakan bagian dari inisiatif tahunan Scarlett dalam menyebarkan kebaikan di bulan suci.
Program ini memberikan kesempatan bagi mereka yang beruntung, untuk menunaikan ibadah Umrah secara gratis, sebagai bentuk apresiasi bagi individu yang telah menebarkan inspirasi dan kebaikan di sekitarnya.
Scarlett ingin menghadirkan pengalaman spiritual yang tak terlupakan bagi mereka yang telah menebarkan inspirasi dan kebaikan di sekitarnya.
Kesempatan ini bisa diraih melalui Scarlett #ManisnyaRamadan Challenge, dimana peserta dapat berbagi kisah inspiratif mereka di media sosial.
Food Truck Scarlett
Program tahunan lainnya, yaitu Food Truck Scarlett, kembali hadir tahun ini untuk menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat prasejahtera di beberapa lokasi sekitar Jabodetabek.
Melalui program ini, Scarlett berharap dapat memberikan dukungan langsung kepada mereka yang membutuhkan, khususnya di bulan Ramadan yang penuh berkah.
Lebih dari sekadar berbagi, inisiatif ini mengajak lebih banyak pihak untuk turut menyalurkan kepedulian dan menghadirkan senyum bagi mereka yang membutuhkan.
Fiona Anjani, Chief Marketing Officer Scarlett, menegaskan bahwa kampanye ini merupakan bagian dari komitmen Scarlett Beauty Impact untuk menghadirkan inisiatif yang bermakna bagi masyarakat.
"Melalui #ManisnyaRamadan, Scarlett Beauty Impact ingin menghadirkan manfaat yang dapat dirasakan tidak hanya oleh konsumen, tetapi juga oleh perempuan dan masyarakat secara umum. Kami berkomitmen agar setiap interaksi dengan Scarlett, baik melalui produk maupun program sosial, selalu memberikan nilai tambah yang nyata, sehingga mereka bisa merayakan manisnya Ramadan dengan penuh makna,” ujar Fiona.
Zaskia Adya Mecca sebagai Scarlett Beauty Impact Advocate
Sebagai bagian dari upaya Scarlett untuk terus berkembang dan memperkuat dampak sosial, Scarlett memperkenalkan Zaskia Adya Mecca sebagai Scarlett Beauty Impact Advocate.
Sebagai sosok inspiratif, Zaskia dikenal atas dedikasinya dalam berbagai isu kemanusiaan, dan kini ia akan berperan dalam mendukung inisiatif sosial Scarlett Beauty Impact.
Kolaborasi ini bukan hanya tentang berbagi, tetapi juga menjadi ruang diskusi untuk mengembangkan visi dan misi sosial, agar semakin banyak komunitas yang dapat merasakan manfaatnya.
Kepedulian ini tidak hanya tercermin dalam program-program Scarlett Beauty Impact, tetapi juga melalui berbagai kolaborasi dengan komunitas inspiratif.
Scarlett telah bekerja sama dengan Majelis Taklim Perempuan Ojek Bersatu (MTPOB) dalam upaya pemberdayaan perempuan, Ibu-Ibu Rujakan x Sanggar Anak Harapan untuk mendukung kesejahteraan anak dan ekonomi komunitas, serta Beri Harapan Indonesia dalam aksi kemanusiaan yang lebih luas.
"Sebagai brand yang terus berkembang, Scarlett memahami pentingnya memiliki peran yang lebih besar di luar inovasi produk. Kampanye ini menjadi wujud nyata dari bagaimana kami mengintegrasikan nilai-nilai kebaikan dan kepedulian ke dalam ekosistem brand, sekaligus memperkuat dampak sosial yang lebih luas," tambah Fiona.
Visi Berkesinambungan Scarlett
Felicya dan tim Scarlett memiliki visi yang kuat untuk terus memberikan dampak positif bagi sesama. "Lebih baik memberi daripada menerima," ungkap Felicya. Visi ini diwujudkan melalui berbagai program sosial dan upaya untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan Scarlett.
Scarlett membuktikan bahwa sebuah merek kecantikan dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar dari sekadar produk.
Dengan visi yang kuat serta komitmen untuk memberdayakan perempuan dan memberikan berkat manfaat bagi sesama, Scarlett terus menginspirasi dan memberikan harapan bagi banyak orang.
Editor : M Mahfud