AI, Hiperlokal, dan Logistik Canggih: Strategi Lazada untuk Sukseskan UMKM dan Brand Lokal

JAKARTA, iNews Depok.id - Lazada Indonesia, salah satu platform eCommerce terkemuka di Indonesia, kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta brand lokal.
Melalui sejumlah inovasi teknologi, fitur khusus, strategi hiperlokal, dan sistem logistik terpadu, Lazada tidak hanya membantu pelaku usaha bertahan, tetapi juga berkembang pesat di era digital.
Komitmen ini diungkapkan dalam acara diskusi bertajuk “Komitmen Lazada Terhadap Pengembangan UMKM dan Brand Lokal” yang digelar Rabu, 05 Maret 2025 di Prosperity Tower, SCBD, Jakarta.
Sebagai pembicara kunci, Reinaldo Harjanto, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia dan Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia, memaparkan upaya Lazada mendorong pertumbuhan berkelanjutan melalui adaptasi dan inovasi, khususnya bagi UMKM dan brand lokal di Indonesia.
“Brand dan UMKM lokal telah terbukti sebagai pilar penting perekonomian. Pasar Indonesia sangat besar, bahkan terbesar di Asia Tenggara, maka mendukung UMKM untuk menguasai pasar dalam negeri, merupakan langkah strategis,” ujar Amelia Tediarjo yang menekankan pentingnya peran brand dan UMKM lokal sebagai penopang perekonomian negara.
Ekosistem digital Lazada didukung oleh teknologi canggih yang dirancang untuk membantu brand dan UMKM naik kelas, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan bagi konsumen.
“Kami memiliki berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan, seperti AI Lazzie yang memberikan rekomendasi produk terbaik, gamifikasi dengan berbagai hadiah, serta fitur virtual try-on yang memungkinkan calon pembeli ‘mencoba’ produk secara virtual,” papar Amelia. “Selain menciptakan pengalaman belanja yang terpersonalisasi untuk konsumen, fitur ini juga bisa meningkatkan keterlibatan penjual dengan pembeli yang diharapkan bisa mendorong penjualan,” ujarnya.
Editor : M Mahfud