get app
inews
Aa Read Next : RSUI Gelar Operasi Gratis Katarak, Bibir Sumbing dan Celah Lelangit, Simak Jadwal dan Syaratnya

Agar Otak dan Jantung Sehat, RSUI Sebut Kuncinya Tidak Malas Bergerak

Senin, 28 Oktober 2024 | 09:29 WIB
header img
Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp. PK (K), MPH. Foto: Ist

Bagi penderita penyakit jantung apakah bisa dinyatakan semubuh? Dokter Bhayu menyampaikan tidak bisa dikatakan sembuh, namun terkontrol atau stabil.

Cara menjaganya lagi-lagi pola hidup sehat dan minum obat teratur sesuai intruksi dokter dan rutin periksa ke layanan kesehatan.Narasumber kedua dr. David Pangeran, Sp.N menyampaikan strok merupakan masalah di pembuluh darah otak, saraf tulang belakang, dan/atau saraf mata yang terjadi secara mendadak.

Strok bisa dikenali dengan kata kunci “mendadak” muncul gejala, seperti mendadak sakit kepala, mendadak kejang, mendadak mulut mencong, rabun mata/ pandangan kabur.“

Jika sudah terjadi hal tersebut langsung segera di bawa ke rumah sakit agar ditangani dengan cepat dan tepat karena pemulihan saraf otak batasannya 6 jam, jika sudah lewat dari 6 jam maka sulit memperbaikinya.

Walaupun gejalanya dadakan, namun sebenarnya pemicunya sudah terjadi lama akibat adanya kerusakan/ gangguan di pembuluh darah misalnya akibat dari tekanan darah tinggi, kurang aktivitas fisik, pola hidup tidak sehat seperti merokok atau menghirup asapnya, ini bisa membuat pembuluh darah pelan-pelan terganggung” ungkapnya.

Strok menyebabkan kecacatan sehingga penderitanya akan ketergantungan pada orang lain yang bisa berdampak juga pada penurunan produktivitas dan depresi pada pasien/keluarga, kemudian meningkatkan risiko infeksi dan luka akibat tekanan tubuh dan berisiko pada kematian.

“Dampak pada strok ini berkepanjangan, maka saya sangat menekankan kepada masyarakat untuk menghindari strok dengan menjaga pola hidup yang sehat, terlebih pada usia 40 tahun ke atas harus rajin-rajin cek kesehatan dan bergerak lakukan aktivitas fisik seperti jalan sehat ini bagus untuk jantung dan otak” jelasnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut