get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Depok: Pilih Imam-Ririn Karena Kiprahnya Jelas Terbukti untuk Warga Depok

Ikatan Keluarga Minang: Meski Netral di Pilkada Depok, Soal Ciri Kota Religius Tak Bisa Ditawar

Minggu, 27 Oktober 2024 | 19:42 WIB
header img
Pengurus IKM Kota Depok dari kiri ke kanan Ketua Harian Taufik Hidayat, Sekjen Catria Helmi Piliang, dan Bendahara Umum Hutrizal. Foto: Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id - Di tengah hingar kampanye Pilkada Depok 2024, Ikatan Keluarga Minang (IKM) menegaskan netralitasnya. Namun IKM Kota Depok mendorong Kota Depok untuk melanjutkan dan memperkuat ciri khas sebagai kota religius

Hal tersebut diungkapkan pengurus IKM di kantornya di Sukmajaya Depok, Minggu (27/10/2024). Hadir sejumlah pengurus IKM antara lain Sekjen Catria Helmi Piliang, Ketua Harian Taufik Hidayat, dan Bendahara Umum Hutrizal. 

Catria menegaskan ciri khas Kota Depok yang religius harus dipertahankan demi menjaga generasi penerus yang taat pada ajaran agama. Dengan taat pada ajaran agama, kedamaian dan ketentraman tercipta di Depok. 

"Kota Depok sudah bagus seperti tak ada klub malam dan peredaran minuman alkohol," kata Catria. 

Kota Depok, tutur Catria, memang ketat dalam peredaran minuman alkohol mengacu Perda No. 6 Tahun 2008 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol, dan Perda No. 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum.

Catria mengaku heran dengan pihak-pihak yang menyebut Kota Depok intoleran. "Semua penganut agama bebas beribadah di Depok, tidak ada yang dilarang. Kita juga secara hubungan antar manusia menghargai penganut agama lain dan saling membantu," tutur Catria. 

Sementara itu Ketua Harian IKM Depok, Taufik Hidayat menyatakan secara turun temurun keluarga minang memegang falsafah Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah. 

"Jadi sudah otomatis IKM mendukung untuk memperkuat ciri khas Kota Depok sebagai Kota religius," ujar Taufik. 

Sementara itu terkait pembangunan di Depok, Taufik menyebut menyadari harus dilakukan bertahap. Itu karena keterbatasan anggaran baik anggaran pusat dan daerah. 

Ke depan, Taufik berharap persoalan kemacetan, pendidikan dan pengelolaan pasar ditingkatkan demi memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Depok. 

"Kita harapkan MTs, MAN, SMP dan SMAN atau SMKN diperbanyak sehingga persoalan penerimaan siswa baru terselesaikan," kata Taufik. 

Mengenai Pilkada Depok, IKM menegaskan netral. "Secara organisasi kita netral, kalau secara personal ya masing-masing. Ada yang mendukung 01 dan ada juga yang mendukung 02," sebut Taufik. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut