get app
inews
Aa Read Next : Shopee Dorong Perkembangan Produk Lokal, Secondate dan Maicih Jadi Bukti

Jaring Komoditas Pangan Nusantara, Marketplace PARI Perluas Layanan UMKM

Rabu, 23 Oktober 2024 | 11:30 WIB
header img
Ulang Tahun Kedua PARI dengan meluncurkan Parisaka dan meresmikan Localoka di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024. Foto: Ist

"Memang (melek teknologi) itu tantangan tersendiri. Kita harus rajin memberikan edukasi, kepada yang senior-senior, kepada petani, atau pedagang-pedagang kecil," katanya.

Platform tersebut tadinya fokus menghubungkan secara bisnis (business to business), khususnya petani ataupun pemilik ladang komoditas dengan distributor atau agen.

Namun, layanannya kini diperluas dengan platform Localoka yang menghubungkan bisnis dengan konsumen antardaerah. Platform ini memungkinkan konsumen untuk membeli komoditas pangan secara eceran.

Lebih rinci, platform ini juga menghubungkan pedagang UMKM langsung seperti petani atau pemilik kebun di sekitar, lalu menghubungkannya dengan konsumen terdekat.

Selain itu, tersedia juga layanan "Parisaka" yang menghadirkan fitur pembelian tiket kapal di lokasi wisata di Pulau Bali.

Hingga September 2024, PARI sudah digunakan oleh 84,1 ribu pengguna usaha yang tersebar di Pulau Jawa, Papua, Sulawesi dan Kalimantan. Platform ini membantu menghubungkan petani, peternak, dan petambak untuk menjual hasil produksi tani, ternak, maupun tangkapan laut kepada pembeli komoditas pangan di seluruh Indonesia.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut