get app
inews
Aa Read Next : Bakal Digelar, Nawacita Awards Tambah Penerima Kategori Penghargaan

Pentingnya Kehadiran Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Menjaga Demokrasi RI

Kamis, 10 Oktober 2024 | 21:00 WIB
header img
Seminar nasional 'Organisasi Masyarakat Sipil Sebagai Pilar Demokrasi: Menjaga Harmoni dan Stabilitas di Tengah Transisi Pemerintahan'. Foto: iNews/Tama

JAKARTA, iNews Depok.id - Peran organisasi masyarakat sipil (OMS) saat ini dinilai penting, utamanya dalam menjaga hingga membangun demokrasi. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, di sela seminar nasional 'Organisasi Masyarakat Sipil Sebagai Pilar Demokrasi: Menjaga Harmoni dan Stabilitas di Tengah Transisi Pemerintahan'.

"Membangun demokrasi, terutama untuk menjadi partner dan teman bagi pemerintah," ujar Adi Prayitno, Kamis (10/10/2024).

Menurut Adi dalam seminar yang digelar Lingkar Studi Politik Indonesia (LSPI) di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menjelaskan bahwa peran OMS ini baik bagi perkembangan demokrasi di Tanah Air. Sebab, suara rakyat bisa turut tersampaikan melalui OMS.

"Dan itu baik secara demokrasi karena rakyat secara kritis mulai menganggap bahwa demokrasi itu bukan hanya di tangan elit, demokrasi bukan hanya di tangan DPR dan pemerintah, tapi ya demokrasi di tangan kita semua," tuturnya.

Sementara menurut Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti perlu penguatan kembali terhadap posisi OMS.

"Ke depan perlu kembali penguatan posisi peran dari para NGO (OMS)," ujarnya.

Hal ini guna mengawal pemerintahan yang ada. Sehingga, pada akhirnya kualitas demokrasi di Indonesia bisa terus terjaga bahkan lebih baik lagi.

"Tentu ada juga di dalamnya itu penting untuk mengawal ya, jangan sampai cara-cara yang digunakan itu yang dapat menurunkan kualitas demokrasi," tandasnya.

Hadir pula dalam seminar sebagai narasumber, Direktur Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens, peneliti kebijakan ekonomi Mardianto, peneliti Formappi Lucius Karus, Direktur Eksekutif The Indonesia Institute Adinda Tenriangke Muchtar dan moderator yakni Direktur LSPI Subairi Muzakki.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut