get app
inews
Aa Read Next : Wedding Expo 2024 The Margo Hotel, Solusi Praktis untuk Calon Pengantin

Mentan Targetkan 500 Ribu Hektare Sawah Baru di Kalteng

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:57 WIB
header img
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan

JAKARTA, iNews Depok.id - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) lakukan pendampingan alumni dan petani milenial dalam pelaksanaan pertanian modern di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menteri Pertanian (Mentan) menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah bertransformasi dari sistem pertanian tradisional menuju pertanian modern yang memanfaatkan teknologi canggih dan mekanisasi pertanian.

“Kita diminta oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membangun pertanian modern, dan sekarang kita tengah memulai pekerjaan di beberapa wilayah seperti Merauke, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan yang nantinya akan menjadi lumbung pangan Indonesia," kata Mentan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/10/2024).

Lebih lanjut, Mentan menargetkan 500 ribu hektare lahan sawah baru di Kalteng, di mana dalam satu kali panen diproyeksikan menghasilkan lima ton gabah kering per hektare, atau 10 ton per hektare dalam setahun.

Dengan demikian, Kalteng diharapkan mampu menghasilkan lima juta ton beras per tahun. Mentan juga menambahkan bahwa jika seluruh proyek cetak sawah ini berjalan lancar, defisit beras nasional dapat diatasi hanya dari produksi Kalteng.

“Strategi kita adalah menyetop impor beras, mencapai swasembada, dan bahkan melakukan ekspor beras ke depan. Harapannya, dalam tiga tahun ke depan, kita bisa mencapai target ini,” ujar Amran Sulaiman.

Dalam menopang pelaksanaan pertanian modern, Kementan melibatkan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang tengah mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbud serta alumni Polbangtan PEPI.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut