get app
inews
Aa Read Next : Ketua PWI Pusat Zulmansyah Jadi Pembicara di Pusat Teritorial TNI AD, Bahas Kebhinekaan dan Pilkada

Calon Wali Kota Supian Suri Janji Tuntaskan Minimnya Madrasah Negeri di Depok

Sabtu, 28 September 2024 | 07:53 WIB
header img
Calon wali kota dan wakil wali kota Depok, Supian Suri-Chandra Rahmansyah berjanji akan tuntaskan minimnya madrasah negeri. (Foto: iNews Depok/ist)

DEPOK, iNews Depok. id - Calon Wali Kota Depok nomor urut 2, Supian Suri, menanggapi minimnya Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Kota Depok. Menurutnya, kondisi ini tidak sejalan dengan status Depok sebagai kota yang religius.

Dalam kunjungannya ke kantor PWI Depok, Jumat (27/9/2024), Supian mengkritik pendekatan pemerintah kota selama ini yang cenderung pasif dalam pembangunan madrasah. Ia menilai, pemerintah kota seharusnya lebih proaktif dalam memenuhi kebutuhan pendidikan agama masyarakat.

"Kita selalu memilah-milah bahwa itu (madrasah) adalah kewenangan kementerian agama atau pemerintah provinsi. Padahal, yang membutuhkan pendidikan agama adalah warga Depok sendiri," kata Supian.

Ia berpendapat, pemerintah kota harus lebih aktif menjalin kolaborasi dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk mewujudkan penambahan madrasah negeri di Depok. "Kita harus benar-benar mau bekerja sama dengan semua pihak," ujar Supian.

Salah satu langkah konkret yang diusulkan pasangan Supian-Chandra jika terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota adalah penambahan MTsN di Depok. "Kita akan upayakan pendirian MTsN baru bersama Kementerian Agama," ujar Supian.

Supian menyayangkan bahwa satu-satunya MTsN yang ada saat ini merupakan wakaf dari keluarganya, sehingga belum ada kontribusi langsung dari pemerintah kota dalam pembangunan madrasah negeri.

Selain itu, Supian juga akan mendorong pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Depok. "Kita juga akan berupaya memenuhi kebutuhan pendidikan agama tingkat atas," jelasnya.

Supian optimistis, kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dapat mempercepat terwujudnya pembangunan madrasah negeri di Depok. Ia menyebut nama sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan anggota DPR RI, sebagai pihak yang dapat dilibatkan dalam komunikasi ini.

"Dengan adanya jaringan di DPRD Provinsi, DPR RI, kita bisa mempercepat proses pembangunan madrasah," pungkas Supian.

Langkah-langkah Konkret yang Diusulkan Supian Suri untuk Menuntaskan Minimnya Madrasah di Depok

1. Kolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi: Menjalin kerja sama yang erat untuk mendapatkan dukungan dalam pembangunan madrasah negeri.

2. Penambahan MTsN: Mengusulkan pendirian MTsN baru di Depok selain yang sudah ada.

3. Pembangunan MAN: Mendorong pembangunan MAN untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama tingkat atas.

4. Melibatkan Anggota DPRD Provinsi dan DPR: Memanfaatkan jaringan di DPRD Provinsi dan DPR untuk mempercepat proses pembangunan madrasah.

Dengan langkah konkrit tersebut, Supian Suri optimis dapat meningkatkan akses masyarakat Depok terhadap pendidikan agama yang berkualitas.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut