get app
inews
Aa Read Next : Kementan dan Pemkab Banjar Bersinergi Keberlanjutan Sektor Pertanian

Kementan Pacu Indeks Pertanaman Dengan PAT

Minggu, 01 September 2024 | 00:07 WIB
header img
Strategi perluasan areal tanam (PAT) untuk petani. Foto: Ist

"Program PAT sangat diharapkan oleh para petani di sini agar dapat meningkatkan indeks pertanaman, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan produksi pertanian di Kecamatan Tapin Selatan," ujar Bustanul Arifin Caya.

Senada dengan itu, Plh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah, juga menegaskan pentingnya memaksimalkan potensi lahan pertanian di Kecamatan Tapin Selatan.

"Kita bisa memaksimalkan potensi tercapai sehingga target PAT dapat direalisasikan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Tri Asmoro, menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan PAT ini, indeks pertanaman di wilayah tersebut dapat meningkat dari IP 2 menjadi IP 3. "Dengan adanya irigasi yang memadai, kami berharap nantinya dapat dilakukan pompanisasi untuk mendukung peningkatan produksi pertanian di Tapin Selatan," tambahnya.

Kegiatan PAT ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kecamatan Tapin Selatan, sekaligus mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan di Kalimantan Selatan.

SMK-PP Negeri Banjarbaru yang juga berkontribusi dalam PAT di Kalsel, hadir melalui Kepala Sekolah, Budi Santoso yang kali ini menaruh harapan terkait Perluasan Areal Tanam ini, dapat mempercepat realisasi penanaman dan mendorong swasembada pangan di masa depan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut