get app
inews
Aa Read Next : PBNU Lantik Pengurus NU Depok 2024-2029: Diminta Jaga Agama, Negara, dan Umat

Depok Tercekik Deflasi 3 Bulan Beruntun, Uang Beredar Makin Berkurang

Senin, 05 Agustus 2024 | 10:29 WIB
header img
Depok tercekik deflasi selama 3 bulan beruntun. Foto: Ilustrasi sindonews

DEPOK, iNews Depok.idEkonomi Depok tercekik deflasi 3 bulan beruntun. Berkurangnya uang beredar  serta aksi wait and see untuk melakukan pembelian, membuat harga sejumlah kebutuhan pokok menurun.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) yang diumumkan pada 1 Agustus 2024, deflasi tercermin dari Indeks Harga Konsumen (IHK). Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi.

Selama tiga bulan beruntun dari Mei, Juni hingga Juli 2024, IHK di Kota Depok menurun untuk kategori perbandingan dari bulan ke bulan (month to month)

Pada Mei 2024, IHK Kota Depok turun 0,11 persen dari bulan April 2024. Demikian pula pada bulan Juni turun 0,11 dan Juli turun 0,10.

Didik J Rachbini, Ekonom Senior INDEF dan guru besar pada Universitas Paramadina menilai deflasi kedengarannya menguntungkan karena harga turun. Namun sebenarnya berbahaya karena masyarakat sedang tidak berdaya untuk membeli barang-barang kebutuhannya.

"Konsumen menunda pembelian untuk mengantisipasi harga yang lebih rendah lagi di masa depan karena keterbatasan pendapatannya dan banyak yang menganggur," kata Didik.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut