get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Nusa Mandiri Deklarasi Perang Melawan Narkoba, Kampus Harus Steril

Warga Kelurahan Abadijaya Diberi Pelatihan Pengolahan Sampah

Rabu, 26 Juni 2024 | 15:33 WIB
header img
Warga Abadijaya mengikuti kegiatan pengolahan sampah. Foto : Ist.

JAKARTA, Inews Depok.id  –Aparatur Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya mengadakan pelatihan pengolahan sampah, kepada warga di lingkungan tersebut.

Pelatihan pengolahan sampah dilakukan agar masyarakat bisa memanfaatkan limbah yang sebelumnya dianggap tidak berguna. Kegiatan ini, turut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Narasumber dari DLHK Kota Depok Made menyebut, pelatihan pengolahan sampah ini memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat. Karena, hal ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih, lantaran sampah dikelola dengan baik sesuai dengan jenisnya.

“Dengan adanya pelatihan ini, warga bisa melakukan berbagai kreativitas. Seperti halnya membuat pot dari botol bekas, membuat kreasi anyaman dari limbah, dan masih banyak lagi,” katanyam

Selain mengasah kreativitas, sambung dia, masyarakat juga bisa memanfaatkan hasil kreativitasnya untuk dijual. Tentunya, hal ini juga dapat meningkatkan taraf ekonomin keluarga, mengingat bahan dasar yang digunakan bernilai ekonomis.

Adapun, jenis sampah yang ekonomis tersebut beberapa diantaranya meliputi botol bekas, kertas, kardus, plastik, serta logam. 

Tidak hanya digunakan untuk berkreasi, sampah tersebut juga bisa dikumpulkan di bank sampah, kemudian dijual melalui pengepul setiap satu bulan sekali.

“Diharapkan masyarakat mau meluangkan waktu setiap pekan. Bertemu satu hingga dua jam di bank sampah untuk menyetorkan sampah,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPM Abadijaya, Syarif Hidayat berharap penyampaian yang diberikan narasumber dapat diimplementasikan di lingkup masyarakat. Karena, materi yang diberikan juga demi kebersihan lingkungan.

“Saya berharap masyarakat yang hadir tidak hanya mendengar saja. Tetapi juga mempraktikan dari materi yang telah diberikan,” tutupnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut