get app
inews
Aa Read Next : IBH Sebut Perindo dan Nasdem Akan Perkuat Koalisi PKS-Golkar dalam Pilkada Depok 2024

Pasar Tumpah di Kampung Lio Depok "Naik Kelas" Jadi Pasar Rakyat, Wali Kota: Biar Gak Tumpah Beneran

Selasa, 09 April 2024 | 17:32 WIB
header img
Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membuka Pasar Rakyat Takbiran di Jalan Naming D Bothin, Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Selasa (9/4/2024). (Foto: iNews Depok/Rivalino).

DEPOK, iNews Depok. id - Wali Kota Depok Mohammad Idris meresmikan Pasar Rakyat Takbiran di Jalan Naming D Bothin, Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (9/4/2024) sore. Dalam kesempatan tersebut, Idris menjelaskan bahwa nama "pasar tumpah" diubah menjadi "pasar rakyat" dengan beberapa alasan.

"Kita mengalihkan nama pasar tumpah, biar gak tumpah benaran. Kesannya pasar tumpah itu berantakan. Makanya kita sebut pasar rakyat," kata Idris.

Lebih lanjut, Idris menjelaskan bahwa definisi "pasar rakyat" menurut Kementerian adalah pasar yang tertata dan dikelola bersama pemerintah. Pasar rakyat diharapkan dapat memberikan kenyamanan, kebersihan, dan keamanan bagi para pengunjung.

"Makanya nanti kita lihat komitmen warga (bisa gak untuk dijadikan agenda rutin). Sebenarnya bukan hanya di Lio, di Sawangan juga ada, bisa kita lestarikan, di beberapa tempat di kecamatan termasuk di Cilodong," jelas Idris.

Idris menekankan bahwa terdapat tiga aspek penting yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan pasar rakyat. Pertama keamanan, yakni menjaga keamanan para pengunjung dan warga sekitar.

Kemudian kenyamanan,  menciptakan suasana yang nyaman bagi para pengunjung dan pedagang. Dan yang terakhir jebersihan, menjaga kebersihan pasar dan area sekitarnya.

"Tiga ini aja diperhatikan. Insya Allah kita akan fasilitasi," ujar Idris.

Idris berharap agar penyelenggaraan pasar rakyat dapat dilakukan secara merata di seluruh wilayah Depok.

"Harus merata. Harapan saya begitu, bisa jadi pilot project. Tenda-tendanya juga rapi dan juga tempat jalannya juga rapi," kata Idris.

Perubahan nama "pasar tumpah" menjadi "pasar rakyat" diharapkan dapat meningkatkan citra dan kualitas pasar dadakan yang ada di Depok.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut