get app
inews
Aa Read Next : Ruwahan di Rumah Budaya Depok Jelang Ramadhan, Wali Kota Hadir

Perancang Batik Presiden Afsel dan Pendiri Kampoeng Doa Raih Anugerah Murthi dari Kedaton Jakarta

Selasa, 02 April 2024 | 10:18 WIB
header img
Nanang Sharna dan M Fatkhi Esmar mendapat anugerah Museum Rekor Terhebat Indonesia (Murthi) dari Kedaton Jakarta. Sedangkan Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal dianugerahi gelar datuk. Foto: iNews Depok/Mada Mahfud

JAKARTA, iNews Depok.id – 2 tokoh seni budaya yaitu Nanang Sharna dan M Fatkhi Esmar  meraih anugerah Murthi (Museum Rekor Terhebat Indonesia) dari Kedaton Jakarta atas aktivitas konkret dalam pelestarian budaya Nusantara.

Nanang Sharna adalah maestro batik Indonesia yang getol memperkenalkan batik ke dunia internasional. Batik-batik yang dikenakan mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela adalah rancangan Nanang Sharna. Sedangkan M Fatkhi Esmar mendirikan Kedaton Kampoeng Doa di Pondok Gede, Bekasi.

Penganugerahan berlangsung di Kedaton Nusantara Jakarta, Minggu malam (31/3/2024) yang bertepatan dengan malam 21 Ramadhan 1445 Hijriyah (selikuran).

Penganugerahan dihadiri ratusan tokoh seni budaya dari berbagai daerah di tanah air.  Juga hadir 5 tokoh budaya dari Malaysia dan 1 tokoh dari China.

Acara penganugerahan budaya dilanjutkan dengan sarasehan budaya terkait upaya pelestarian budaya Nusantara.

Acara dipimpin pendiri Kedaton Jakarta dan mantan Manajer Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Pangeran Nata Adiguna (PNA) Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat dan Mantan Kasubdit Ketahanan Ekososbud Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Elly Yuniarti.

PNA Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat mengungkapkan alasan penganugerahan Murthi pada 2 tokoh yang dinilai berperan konkret dalam penggalian dan pengembangan budaya Nusantara.

”Penganugerahan ini murni karena prestasi 2 tokoh ini dalam membangkitkan kembali budaya Nusantara. Mereka bisa jadi inspirasi agar generasi penerus menyadari bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya budaya,” kata PNA Mas’ud.

Nanang Sharna dinilai mampu membuat terobosan prestisius yang membuat batik Indonesia dikenal dunia internasional. Sebagai perancang batik mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, membuat batik Indonesia cepat dikenal di dunia internasional.

Sedangkan M Fatkhi Esmar dinilai mampu melestarikan budaya Nusantara dalam perkembangan terkini. M Fatki Esmar mendirikan Kedaton Kampoeng Doa.

Nanang Sharna dalam anugerah Murthi mendapat gelar Datuk Dirdajawali Nanang Sharna Wira Soetama Diraja Wastra.  Sedangkan M Fatkhi Esmar bergelar Datuk Dirajawali M Fatkhi Esmar Nata Adiningrat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut