get app
inews
Aa Read Next : Wisata Ramah Lingkungan dengan tiket Green dari tiket.com, Seperti Apa?

Lonjakan Pemudik Diprediksi Mencapai 70 Persen, ASDP dan tiket.com Hadirkan Layanan Baru

Selasa, 26 Maret 2024 | 13:27 WIB
header img
Ki-ka: Julian Martin (Head of Ground Transportation tiket.com), Shelvy Arifin (Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry), Gaery Undarsa (Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com), dan Andari Agustin (MC). Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Antusiasme masyarakat terhadap perjalanan mudik dan liburan menjelang Hari Raya Idul Fitri terus meningkat. Sebagai Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com terus berkomitmen untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan sobat tiket saat periode mudik berlangsung.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan RI, diprediksi bahwa akan ada lonjakan pemudik di tahun 2024 ini yaitu sebesar 70%, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnnya. Dimana diprediksi bahwa ada 167,2 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024. Data ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan menjelang liburan Lebaran melonjak secara signifikan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Tingginya antusiasme dapat terlihat dari kenaikan pemesanan tiket transportasi yang sangat signifikan di tiket.com, yakni mencapai 60,8% dibandingkan pada 2023 (year-on-year). Sementara itu, untuk pemesanan akomodasi dan atraksi wisata atau aktivitas hiburan masing-masingnya mengalami peningkatan 18,4% dan 16,5% di tahun ini (year-on-year).

Dari peningkatan pada pembelian tiket transportasi, pemesanan tiket kereta api di tiket.com adalah yang paling diminati. Jika dibandingkan periode libur Lebaran 2023, pemesanan tiket kereta api ke berbagai rute di tahun ini meningkat sebesar 60,9%. Sejumlah destinasi terpopuler di antaranya Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, dan Cirebon.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com mengatakan, “Sebagai OTA yang berfokus pada customer-centric, tiket.com ingin terus memberikan yang terbaik bagi sobat tiket. Di antaranya seperti saat kebutuhan transportasi menjadi salah satu yang paling dicari seperti sekarang ini. Untuk memastikan siapapun tetap bisa mudik, tiket.com turut berekspansi dan mendorong sobat tiket agar menjelajahi opsi transportasi terbaru di platform kami, seperti kapal ferry, bus, dan shuttle.”

Sebagai salah satu moda transportasi terbaru, tiket kapal ferry yang dijual di platform tiket.com saat ini merupakan bentuk kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry. Menyusul bus dan shuttle yang diluncurkan pada tahun sebelumnya, pembelian tiket ferry melalui platform tiket.com diharapkan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi sobat tiket yang hendak melakukan perjalanan antar pulau. Sejak diluncurkan di tiket.com, pembelian tiket ferry terus menunjukkan peningkatan. Khususnya di minggu pertama Ramadan yang naik sebesar 10% dibandingkan minggu sebelumnya.

Julian Martin, Head of Ground Transportation, tiket.com menjelaskan, “Kami optimistis pemesanan tiket ferry akan terus meningkat menjelang hari-H Lebaran. Saat ini kami memang baru melayani pembelian tiket untuk Merak-Bakauheni (PP) dan Ketapang-Gilimanuk (PP). Berdasarkan data di tiket.com, pemesanan tiket di platform kami paling banyak datang dari rute Merak-Bakauheni, dan diikuti rute Bakauheni-Merak.”

PT ASDP Indonesia Ferry sangat menyambut baik kerja sama dengan tiket.com ini. Sejalan dengan tujuan untuk digitalisasi, pembelian tiket secara online diharapkan membuat kepadatan di pelabuhan ferry jadi lebih terurai dan para pengguna kapal ferry yang hendak menyeberang bisa mendapatkan pengalaman yang nyaman saat mudik.

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini, dan bersemangat dengan potensi kerja sama lainnya ke depan. Penerapan teknologi dalam layanan kami merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan bagi masyarakat yang siap untuk mudik. Dengan pembelian tiket secara online, diharapkan pengguna kapal ferry sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut