get app
inews
Aa Read Next : 440 Koper Calon Jemaah Haji Kota Depok Mulai Dikirim ke Embarkasi Kota Bekasi

Sidak Pasar, BPOM Temukan Mi Kuning Basah Berformalin di Pasar Depok Jaya

Jum'at, 22 Maret 2024 | 09:09 WIB
header img
Mi berformalin ditemukan di Pasar Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama sejumlah elemen, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Depok Jaya, Kota Depok pada Kamis (21/3/2024). Dalam sidak tersebut, ditemukan jenis mi kuning basah yang mengandung formalin.

"Iya (benar ditemukan kandungan formalin). Kami melakukan sampling dan pengujian di Pasar Depok Jaya bersama komisi IX DPR RI dan Pemkot Depok," kata Kepala BBPOM Jakarta Sofiyani Chandrawati Anwar saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat (22/3/2024).

Sofiyani mengatakan bahwa temuan BPOM hanya pada satu produk mi kuning basah. "Mi kuning basah. Hanya ada satu mi tersebut," ucapnya.

BPOM mengungkap, ciri-ciri mi kuning basah yang diberi kandungan formalin, yaitu akan mengkilat hingga tercium bau, serta akan lebih tahan berhari-hari. 

"Melalui ciri-ciri/bentuk fisik tertentu terhadap makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya seperti mi basah yang diberi formalin biasanya mengkilat serta akan tahan tidak busuk berhari-hari. Biasanya tercium bau formalin juga," kata Sofiyani.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut