get app
inews
Aa Read Next : Ririek Adriansyah: Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun Berkat Fokus pada Transformasi

RUPST OCBC 2024 Putuskan Bagikan Dividen Tunai Total Sebesar Rp1,65 Triliun

Selasa, 19 Maret 2024 | 16:31 WIB
header img
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Dr. Satrio, Jakarta Selatan pada Senin, 18 Maret 2024. Foto: Ist

Per 31 Desember 2023, OCBC telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp32,3 triliun, atau berkontribusi hingga 21% terhadap total kredit Bank. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp13,1 triliun disalurkan untuk pembiayaan berwawasan lingkungan seperti proyek-proyek hijau dan pembiayaan properti hijau, termasuk Pollution Prevention, Renewable Energy, hand & W'ater Biodiversity Conservation, \/Vater & \/Vaste treatment, C/imate Change Adaptation, Eco-Efficient Product, Green Transportation, Green Building dan Waste Management.

Sementara, sebagai bagian dari pembiayaan perempuan, OCBC menyalurkan sebesar Rp3,25 triliun melalui program #TAYTB Women Warriors atau meningkat sebesar 7% YoY dengan jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.327 pengusaha, meningkat sebesar 6% YoY.

Tak hanya memberikan pembiayaan berkelanjutan, operasional Bank juga dijalankan secara berkelanjutan. Pada April 2023 IaIu, OCBC menjadi Bank pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau PLN, dan menerima sertifikat energi hijau atau Renewable Energy Certificate (REC]. Melalui REC ini, PLN akan memastikan bahwa tenaga listrik yang dibeli oleh Bank merupakan produksi dari Pembangkit Listrik berbahan bakar energi terbarukan dan akan digunakan di cabang-cabang OCBC yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bertepatan dengan momentum Hari Menanam Pohon yang jatuh pada 28 November 2023, OCBC bekerja sama dengan komunitas lingkungan Mangrove Jakarta Community dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata di dua lokasi Ekowisata Mangrove PIK dan Pulau Tidung Kecil. Kegiatan penanaman ini juga merupakan bagian dari komitmen OCBC terhadap pelestarian lingkungan dan sebagai upaya peduli terhadap dampak gas emisi.

Langkah lain yang dilakukan oleh OCBC untuk mendukung lingkungan yang lebih hijau adalah dengan menggunakan kartu nama digital, dan menggunakan kertas dari hutan yang bersertifikasi (sebagai contoh kertas PEFC). Tak hanya itu saja, bahkan Bank melakukan repurpose seragam batik karyawan yang sudah tidak digunakan untuk dimanfaatkan kembali.


OCBC menjadi Bank pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau PLN, dan menerima sertifikat energi hijau atau Renewable Energy Certificate (REC). Foto: Ist

 

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Inklusif

OCBC memiliki nilai-nilai yang terus ditanamkan dan dijalankan oleh Bank untuk seluruh karyawan, demi membangun masa depan yang lebih baik, yang biasa disebut sebagai EVP (Employee Value Proposition).

EVP tersebut memiliki beberapa pilar, mencakup Kebersamaan, Progress, dan Nilai. Pilar tersebut dituangkan lewat beberapa program dan tema, termasuk collaboration, wellbeing, learning, innovation, sustainadi/ity, dan community yang fokus tidak hanya pada karyawan, tetapi juga lingkungan hidup.

Untuk mendukung inklusivitas, Bank memiliki berbagai inisiatif seperti komunitas-komunitas antar karyawan dimulai dari hobi/olahraga, support group program bernama KAWA (KAmi WAnita OCBC], program bagi anak-anak karyawan yaitu KANA (KAmi aNAk OCBC], serta OCBC Volunteer yang mengajak karyawan untuk turun langsung ke lapangan dan ikut serta dalam berbagai aktivitas CSR Bank di bidang kemanusiaan, edukasi dan lingkungan & Kesehatan.

Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan, Bank memiliki dokter dan psikolog internal yang tersedia untuk semua karyawan.

Tak hanya itu saja, karyawan juga didukung untuk terus menambah kemampuannya dengan berbagai training sesuai kebutuhan agar bisa memaksimalkan potensi terbaiknya dan mencetak leaders cu/ture dan etos kerja B!SA yakni Bring out the Best in Each Other, /ntegrity, Strive for Excellence, dan Act Progressively diiringi semangat TAYTB. Karyawan juga dapat secara mandiri melakukan program training baik secara online maupun langsung.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut