get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

Dinas Kesehatan Kota Depok dan USAID Beri Penyuluhan Penanggulangan TB di Puskesmas Jatijajar

Minggu, 03 Maret 2024 | 17:52 WIB
header img
Pelaksanaan penyuluhan penanggulangan TB di Puskesmas Jatijajar. Foto : ist.

TAPOS DEPOK, iNews Depok.id - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Prevent TB dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memberikan dan pendampingan terkait Tuberkulosis (TB) kepada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puseksmas Jatijajar.

Sosialisasi dan pendampingan yang diberikan dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit Tuberkolosis TB di wilayah Kecamatan Tapos.

"Dengan adanya kegiatan ini, warga kami lebih banyak yang mengetahui bahaya TB dan warga bisa melakukan pencegahan," ucap Camat Tapos, Abdul Mutolib. 

"Warga juga bisa lebih terbuka kepada pemerintah atau dinas kesehatan supaya penyakit ini bisa kita tuntaskan." 

Selain melalui program ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga telah mempunyai program Kampung Peduli Tuberkulosis (Kapitu).

Di Kapitu, pemerintah melakukan pelacakan masyarakat yang menderita TB dan juga sosialisasi pencegahan.

"Pendampingan dari USAID ini sangat membantu dan kami berterima kasih, karena dengan adanya pendampingan ini kita bisa bekerja sama, membagi pengetahuan. Serta tata cara penanganan TB. Adanya kerja sama ini diharapkan kondisinya akan lebih baik lagi," tuturnya.

Kecamatan Tapos, kata Hidayat, juga memiliki komitmen yang kuat dalam menuntaskan permasalahan TB, yaitu memasukan kegiatan pencegahan dan pengendalian TB di setiap Musyarawah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang). Antara lain, melalui program Kapitu, kolaborasi kegiatan dengan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkolosis Indonesia (PPTI) dan memantau kondisi masyarakat, termasuk penyakit-penyakit yang ada. 

Menurutnya, jangan sampai penyelesaian TB hanya lari di tempat, karena hanya melakukan pengobatan saja. Tetapi ini harus diberantas, hingga tidak menyebar dan muncul kasus baru.

"Jadi anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah bisa memberikan dampak yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat," ucapnya. 

"Alhamdulillah Pemkot Depok, kecamatan hingga kelurahan sangat intens menyelesaikan penyakit ini," tutup Hidayat.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut