get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

Imigrasi Depok Luncurkan Program Desa Binaan, Cegah Perdagangan Manusia dan Penipuan

Kamis, 29 Februari 2024 | 12:19 WIB
header img
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya, memberikan saambutan dalam Rapat Timpora Tingkat Kota Depok di Ballroom Hotel Margocity, Kamis (29/2/2024). (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi melalui Direktorat Intelijen meluncurkan program Desa Binaan Imigrasi dalam Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Kota Depok. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keimigrasian dan mencegah pelanggaran aturan imigrasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya, mengungkapkan bahwa program ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang tidak paham tentang undang-undang dan aturan keimigrasian. Hal ini menyebabkan berbagai masalah, seperti perdagangan manusia, penipuan, dan eksploitasi pekerja migran.

"Desa Binaan Imigrasi akan menjadi solusi untuk menjembatani informasi keimigrasian kepada masyarakat di tingkat desa," kata Andika, seusai membuka Rapat Timpora tingkat Kota Depok, di Ballroom Hotel Margocity, Depok, Kamis (29/2/2024).

"Dengan program ini, diharapkan masyarakat desa atau kelurahan dapat mengakses informasi yang akurat dan terpercaya tentang keimigrasian, sehingga mereka dapat terhindar dari pelanggaran aturan dan terhindar dari berbagai bentuk penipuan," sambungnya.

Program Desa Binaan Imigrasi akan menjangkau seluruh desa dan kelurahan di Jawa Barat, termasuk di Kota Depok. Petugas imigrasi akan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang keimigrasian kepada masyarakat desa, termasuk tentang prosedur pembuatan paspor, visa, izin tinggal, dan aturan ketenagakerjaan bagi pekerja migran.

Andika menegaskan bahwa program ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat desa, tetapi juga bagi pemerintah. Dengan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keimigrasian, pemerintah dapat lebih mudah dalam melakukan pengawasan orang asing dan menjaga keamanan negara.

"Desa Binaan Imigrasi merupakan langkah nyata Direktorat Jenderal Imigrasi dalam mewujudkan penegakan hukum keimigrasian yang berorientasi pada pelayanan publik," ujar Andika. 

"Kami berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keimigrasian dan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi masyarakat," pungkasnya.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut