get app
inews
Aa Read Next : Viral RS di Bekasi Membludak Karena DBD, Warga Bekasi Barat Mulai Gencarkan Fogging

Miris! Banyak Baut Dicuri Bikin Sambungan Jembatan di Bekasi Amblas

Senin, 29 Januari 2024 | 08:03 WIB
header img
Sambungan Jembatan Cipendawa Bekasi amblas gara-gara banyak baut yang dicuri. Foto: Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi

BEKASI, iNews Depok.id - Sambungan jembatan Cipendawa, yang berada di ruas Jalan Cipendawa, Kota Bekasi, amblas. Hal ini diakibatkan banyaknya baut baja yang hilang dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMS) Kota Bekasi melalui akun Instagram @bmsdakotabekasi mengungkapkan pencurian baut baja tersebut mengakibatkan struktur balok baja mengalami deformasi dan lantai jembatan amblas.

"Dari hasil inspeksi pada abutment jembatan tersebut, diketahui bahwa banyak baut baja yang hilang maupun terpotong secara sengaja, yang mengakibatkan struktur balok baja pengaku (stiffener) mengalami deformasi dan mengakibatkan amblasnya lantai jembatan," demikian keterangan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi.

Jembatan Cipendawa membentang di atas Kali Bekasi. Jembatan tersebut amblas pada bagian sambungannya. Penutupan jalan di ruas arah Bantargebang dilakukan setelah petugas melakukan inspeksi pada abutment jembatan. Penutupan ruas itu demi keselamatan pengguna jalan.

Sementara itu, Sekretaris DBMSDA Kota Bekasi, Idi Sutanto, mengatakan bahwa jembatan itu mulai diperbaiki sejak Kamis (25/1/2024). Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan baut-baut baja pengganti dan alat berat untuk memperbaiki jembatan tersebut.

"Kami sudah siapkan baut-baut baja pengganti sebanyak 200 buah dan alat berat untuk mengangkat balok baja yang amblas. Kami targetkan perbaikan selesai dalam dua hari," ujar Idi Sutanto.

Untuk sementara, arus lalu lintas di jembatan Cipendawa ditutup selama perbaikan. Pemkot Bekasi melakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di lokasi tersebut.
"Untuk sementara dilakukan penutupan lalu lintas dengan diberlakukan contraflow di lajur sebelahnya (arah Jatiasih)," imbuhnya.

Amblasnya sambungan jembatan itu mendapatkan banyak respons dari netizen, baik yang simpatik maupun yang sinis. Beberapa netizen mengutuk aksi pencurian baut baja yang merugikan banyak orang. Namun, ada juga netizen yang mengejek dan menyalahkan pemerintah atas kejadian tersebut.

"Ini namanya pencurian yang meresahkan masyarakat. Kasihan pengguna jalan yang terganggu. Harusnya ada penjagaan dan pengawasan yang ketat di jembatan itu. Pelakunya harus ditangkap dan dihukum seberat-beratnya," tulis salah satu netizen yang memberikan komentar simpatik.

"Ini namanya pemerintah yang tidak becus mengurus infrastruktur. Kok bisa-bisanya baut-baut jembatan dicuri begitu saja. Apa nggak ada anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan jembatan? Apa nggak ada koordinasi antara dinas terkait? Ini malu-maluin banget," tulis salah satu netizen yang memberikan komentar sinis.

Kejadian ini menyoroti pentingnya keamanan infrastruktur publik dan perlunya keterlibatan masyarakat dalam menjaga aset bersama. Pemerintah dan warga diharapkan dapat bekerja sama untuk mencegah dan menanggulangi tindakan kriminal yang dapat membahayakan keamanan dan kesejahteraan bersama.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut