get app
inews
Aa Read Next : UPTD Puskesmas Cisalak Pasar Tingkatkan Upaya Pengentasan Stunting dan TB

1 dari 3 Anak Balita Anemia, Pentingnya Kombinasi Zat Besi dan Vitamin C untuk Serap Maksimal

Jum'at, 26 Januari 2024 | 07:29 WIB
header img
Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia membuka acara Bicara Gizi "Pentingnya Nutrisi yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Maksimal Anak" di Jakarta, Kamis 25 Januari 2024. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, tak henti-hentinya Danone Indonesia terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemenuhan gizi pada anak-anak. 

Dikatakan oleh Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia, permasalahan gizi seperti kekurangan Zat Besi, masih menghantui anak-anak Indonesia. 

"1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia, mengalami anemia karena kekurangan Zat Besi. Bahkan, Indonesia termasuk dalam 5 negara dengan prevalensi anemia tertinggi di Asia Tenggara," ungkap Arif di acara Bicara Gizi "Pentingnya Nutrisi yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Maksimal Anak" di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Januari 2024 kemarin.

Di acara yang dihadiri oleh para Mombassador ini, Arif mengatakan, pemenuhan gizi seimbang pada anak, sangat menentukan terwujudnya Generasi Emas 2045 yang dicanangkan pemerintah.

Oleh karena itu, lanjut Arif, kekurangan Zat Besi yang jadi penyebab stunting dan berdampak negatif permanen pada perkembangan otak anak, harus segera ditangani. 

Untuk itu, penerapan pola makan yang tepat sesuai pedoman gizi seimbang, termasuk memaksimalkan pemenuhan Zat Besi sangat diperlukan. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan makanan dan minuman yang bersumber dari protein hewani seperti telur, ayam, daging sapi, dan susu pertumbuhan yang diperkaya tinggi Zat Besi untuk mencegah anemia pada anak.

"Anemia dapat dicegah dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Pastikan anak mendapatkan makanan yang bervariasi untuk mendapatkan gizi yang lengkap termasuk protein hewani yang kaya Zat Besi. Dalam pedoman gizi seimbang, susu yang juga sumber protein hewani bisa menjadi salah satu pilihan melengkapi asupan nutrisi Si Kecil sehari-hari,” jelas dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK - Pakar Gizi Klinik.

dr. Juwalita juga menekankan, Zat Besi sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan kognitif (kemampuan berpikir) anak. "Perkembangan otak terjadi sejak anak sebelum lahir sehingga harus dimulai dari remaja yang nantinya akan menjadi ibu. Mereka ini juga tidak boleh anemia. Sel-sel otak membentuk jalinan, kalau kurang Zat Besi prosesnya akan terganggu. Zat Besi juga diperlukan dalam membentuk senyawa heme yang akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh untuk metabolisme, dengan demikian anak mudah beraktivitas dan siap belajar," urainya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut