get app
inews
Aa Read Next : Kader PKK RW 10 Kelurahan Mekarjaya Tingkatkan Literasi Masyarakat Lewat Lomba TBM dan GGM

Pemprov DKI Jakarta Perluas Low Emission Zone (LEZ) untuk Kurangi Pencemaran Udara di Jakarta

Kamis, 25 Januari 2024 | 11:30 WIB
header img
Kawasan rendah emisi di Kota Tua. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin mempertegas komitmen dalam mengendalikan kualitas udara di Jakarta.

Beragam upaya strategis telah dilakukan untuk mengurangi dampak pencemaran udara di Jakarta. Salah satunya, dengan memperluas kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ).

Diketahui kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ) merupakan area atau kawasan yang membatasi akses kendaraan bermotor beremisi tinggi.

Kebijakan ini telah diterapkan di berbagai kota dunia, termasuk di Singapura, London, dan Mexico City. Di Singapura, LEZ efektif mengurangi polusi udara di perkotaan dengan menurunkan emisi PM 2,5 hingga 30 persen.

Saat ini, ada 2 LEZ sebagai percontohan di Kota Jakarta dan akan terus bertambah secara bertahap. 

Area pertama adalah LEZ Kota Tua yang khusus pedestrian, kendaraan bermotor dilarang melintas. Kedua, area LEZ Tebet Eco Park di Jalan Tebet Timur Raya dan Tebet Barat Raya. Setiap akhir pekan dan libur nasional, selain warga sekitar, kendaraan bermotor dilarang berlalu lalang. 

Perluasan kawasan LEZ, diharapkan dapat meningkatkan kualitas udara di Jakarta dan mendorong masyarakat untuk menggunakan tranportasi publik. 

Selanjutnya, kawasan rendah emisi akan mengedepankan prinsip inklusivitas, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal oleh warga.

Optimalisasi desain dan kawasan rendah emisi yang lebih inklusif, mengikutsertakan aspirasi, dan kebutuhan masyarakat. Tidak hanya mengurangi dampak polusi udara, tetapi juga menyejahterakan warga.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut