get app
inews
Aa Read Next : Hamas Beri Tayangan Video Sandera Israel, Mengatakan Akan Menunjukkan Nasib Mereka

Warga Gaza Hadapi Kelaparan, Pakar Hak Asasi Manusia PBB Beri Peringatan Terjadinya Genosida

Kamis, 18 Januari 2024 | 07:59 WIB
header img
Warga Palestina menunggu untuk menerima makanan di tengah kekurangan pasokan makanan, di Rafah di Jalur Gaza selatan. Foto: Reuters

DEPOK, iNews Depok.id - Pakar independen PBB pada Selasa memperingatkan bahwa warga Gaza kini merupakan 80 persen dari seluruh penduduk yang menghadapi kelaparan atau bencana kelaparan di seluruh dunia. 

Hal ini terjadi ketika mereka menyoroti keadaan darurat kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Jalur Gaza dalam menghadapi serangan Israel yang sedang berlangsung di wilayah kantong yang terkepung tersebut.

“Saat ini, setiap orang di Gaza kelaparan, seperempat penduduknya kelaparan dan berjuang untuk mendapatkan makanan dan air minum, dan kelaparan akan segera terjadi,” kata kelompok pakar hak asasi manusia tersebut, sebagaimana dikutip dari The News Arab pada Rabu (17/1/2024).

Kurangnya nutrisi dan layanan kesehatan yang memadai membahayakan kehidupan perempuan hamil dan anak-anak mereka yang belum lahir, mereka menambahkan, dan semua anak di bawah usia lima tahun, yang jumlahnya sekitar 335.000, sangat rentan terhadap dampak malnutrisi parah yang merupakan ancaman kelaparan. terus berkembang.

Para ahli menyatakan keprihatinannya bahwa seluruh generasi berisiko mengalami stunting, suatu kondisi di mana kekurangan gizi menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, menyebabkan gangguan fisik dan kognitif yang tidak dapat diperbaiki, sehingga menimbulkan ancaman signifikan terhadap kapasitas belajar.

 

Kelompok ahli tersebut termasuk Francesca Albanese, pelapor khusus PBB mengenai situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina yang diduduki sejak tahun 1967; Reem Alsalem, pelapor khusus mengenai kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan; Pedro Arrojo Agudo, pelapor khusus hak asasi manusia atas air minum dan sanitasi yang aman; dan para pelapor khusus mengenai hak atas pangan, hak atas pendidikan, hak setiap orang untuk menikmati standar tertinggi kesehatan fisik dan mental, hak atas perumahan yang layak, dan hak asasi manusia para pengungsi internal.

Mereka mengatakan bahwa “tidak ada tempat yang aman di Gaza” sejak “pengepungan total” Israel terhadap wilayah tersebut dimulai pada 9 Oktober, yang menyebabkan 2,3 juta warga Palestina kehilangan air, makanan, bahan bakar, obat-obatan dan pasokan medis lainnya, “hal ini dilatarbelakangi oleh 17 blokade Israel selama satu tahun, yang sebelum perang ini membuat sekitar separuh penduduk Gaza rawan pangan dan lebih dari 80 persen bergantung pada bantuan kemanusiaan.”

Sebagian besar pengiriman bantuan selama konflik hingga saat ini terkonsentrasi di Gaza selatan. Hingga 1 Januari, hanya lima dari 24 jadwal pengiriman bantuan, termasuk makanan, yang telah dikirim ke wilayah utara Wadi Gaza.

Kekhawatiran semakin besar di kalangan para ahli mengenai memburuknya kondisi di Gaza utara khususnya, di mana penduduknya mengalami kekurangan pangan yang berkepanjangan dan sangat terbatasnya akses terhadap sumber daya penting.

Sementara itu, di Gaza bagian selatan, sejumlah besar pengungsi tinggal di tempat penampungan yang tidak memadai atau daerah yang tidak memiliki fasilitas dasar, sehingga memperburuk masalah yang disebabkan oleh kondisi kehidupan yang sudah buruk.

“Belum pernah terjadi sebelumnya jika seluruh penduduk sipil mengalami kelaparan secepat dan selengkap ini,” kata para ahli. “Israel menghancurkan sistem pangan Gaza dan menggunakan makanan sebagai senjata melawan rakyat Palestina.”

Mereka menuduh Israel menghancurkan atau memblokir akses ke lahan pertanian dan laut, dan mengatakan bahwa tentara telah menghancurkan 22 persen lahan pertanian dan fasilitas di wilayah tersebut, termasuk kebun buah-buahan dan rumah kaca di Gaza Utara, dan menghancurkan 70 persen armada penangkapan ikan di Gaza.

“Bahkan dengan sedikit bantuan kemanusiaan yang diperbolehkan masuk, masyarakat masih kekurangan makanan dan bahan bakar untuk memasak,” kata para ahli. “Sebagian besar toko roti tidak beroperasi karena kekurangan bahan bakar, air dan tepung terigu, serta kerusakan struktural.

“Ternak kelaparan dan tidak mampu menyediakan pangan atau menjadi sumber pangan. Sementara itu, akses terhadap air bersih terus berkurang, sementara sistem layanan kesehatan telah terpuruk karena hancurnya rumah sakit, sehingga secara signifikan meningkatkan penyebaran penyakit menular.”

Pasukan Israel telah menghancurkan lebih dari 60 persen rumah warga Palestina di Gaza, tambah mereka, sehingga mempengaruhi kemampuan keluarga untuk memasak dan menyebabkan “pembunuhan massal melalui penghancuran massal tempat tinggal, menjadikan wilayah tersebut tidak dapat dihuni.”

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan memperkirakan bahwa hampir 85 persen penduduk Gaza, yang berjumlah sekitar 1,9 juta orang, menjadi pengungsi internal, termasuk banyak dari mereka yang terpaksa pindah beberapa kali untuk mencari keselamatan.

“Kami telah beberapa kali meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko genosida, mengingatkan semua pemerintah bahwa mereka mempunyai kewajiban untuk mencegah genosida,” kata para ahli, dikutip melalui The News Arab.

“Israel tidak hanya membunuh dan menyebabkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki terhadap warga sipil Palestina dengan pemboman tanpa pandang bulu, Israel juga secara sadar dan sengaja menyebabkan tingginya angka penyakit, kekurangan gizi yang berkepanjangan, dehidrasi dan kelaparan dengan menghancurkan infrastruktur sipil.

“Bantuan harus segera dikirimkan ke warga Gaza, dan tanpa hambatan apa pun, untuk mencegah kelaparan.”

Mereka melanjutkan: “Kekhawatiran kami terhadap genosida yang sedang terjadi tidak hanya merujuk pada pemboman yang sedang berlangsung di Gaza namun juga menyangkut penderitaan dan kematian yang disebabkan oleh pendudukan Israel yang telah berlangsung lama, blokade, dan penghancuran sipil saat ini, karena genosida berkembang melalui proses yang berkelanjutan dan bukanlah peristiwa yang tunggal.

“Jalan yang jelas untuk mencapai perdamaian, keamanan dan stabilitas bagi Israel dan Palestina terletak pada realisasi penentuan nasib sendiri Palestina. Hal ini hanya dapat dicapai melalui gencatan senjata segera dan penghentian pendudukan Israel.”

Pelapor khusus merupakan bagian dari prosedur khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Mereka adalah pakar independen yang bekerja atas dasar sukarela, bukan anggota staf PBB dan tidak dibayar atas pekerjaan mereka.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut