get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Rektor UI, Profesor Termuda Teknik Siap Bawa UI Gagas Solusi-Solusi Baru

Solusi Bagi Tuna Rungu, Mahasiswa UI Ciptakan Alat Penerjemah Transaura

Sabtu, 05 Februari 2022 | 08:12 WIB
header img
Ilustrasi penggunaan prototipe Transaura, alat penerjemah bahasa isyarat penyandang tuna rungu dan lawan bicaranya.

DEPOK, iNews.id –Mahasiswa Universitas Indonesia berhasil menciptakan alat penerjemah bahasa isyarat penyandang tuna rungu. Alat ini dinamai Transaura yang merupakan kepanjangan dari translate aura atau penerjemah bahasa isyarat.

Tiga mahasiswa UI dari tiga fakultas yang berbeda, berkolaborasi menciptakan alat penerjemah tersebut. Mereka adalah Daffa Fairuzaufa Athallah Raharjo dari Fakultas Teknik UI, Aine Shahnaz Tjandraatmadja dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI, dan Almaz Scarletta Tjakrashafanti dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

Alat Transaura ini berhasil meraih juara ketiga tingkat nasional pada kompetisi hibah untuk penelitian nasional, Tanoto Student Research Awards 2021, di bidang appropriate technology.


Dari kiri ke kanan: Almaz Scarletta - Daffa Fairuzaufa - Aine Shahnaz

"Teman-teman tuna rungu yang lulus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) banyak yang mengalami kesulitan dalam proses pencarian kerja maupun kesulitan dalam mengakses berbagai sarana publik. Tujuan kami mengembangkan Transaura adalah untuk memudahkan teman tuna rungu untuk dapat berkomunikasi dua arah,” kata pencetus ide Transaura, Daffa Fairuzaufa Athallah Raharjo dari Fakultas Teknik UI dalam siaran pers yang dikirimkan Tim Humas UI akhir pekan ini.
 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut