get app
inews
Aa Read Next : Presiden Erdogan Bersumpah akan Terus Dukung Gaza

Hamas Beri Tayangan Video Sandera Israel, Mengatakan Akan Menunjukkan Nasib Mereka

Senin, 15 Januari 2024 | 13:58 WIB
header img
Seorang wanita berdiri memegang salah satu sandera Israel yang ditahan oleh militan Palestina sejak serangan 7 Oktober, selama demonstrasi di dekat Azrieli Mall di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023. (Foto: AFP)

DEPOK, iNews Depok.id - Hamas menayangkan video yang menunjukkan tiga sandera Israel yang ditahan di Gaza, pada hari Minggu (14/1/2024).

Dilansir The News Arab pada hari Senin (15/1/2024), Hamas mendesak pemerintah mereka untuk menghentikan serangan terhadap kelompok Islam Palestina dan segera membebaskan mereka, saat kedua belah pihak memperingati hari ke-100 perang. 

Video berdurasi 37 detik tak bertanggal yang menampilkan Noa Argamani, 26, Yossi Sharabi, 53, dan Itai Svirsky, 38, diakhiri dengan chyron: “Besok kami akan memberi tahu Anda tentang nasib mereka.” 

Hamas mengatakan sebelumnya pada hari Minggu bahwa mereka kehilangan kontak dengan beberapa sandera ketika pasukan Israel menembaki Gaza, dan mencatat bahwa mereka mungkin terbunuh dalam proses tersebut. Pada awal perang, mereka juga mengancam akan mengeksekusi sandera sebagai pembalasan atas serangan militer Israel.

Para pejabat Israel pada umumnya menolak menanggapi pesan publik Hamas mengenai para sandera, dan menganggapnya sebagai perang psikologis. 

Hagar Mizrahi, seorang pejabat forensik di Kementerian Kesehatan Israel, mengatakan kepada TV lokal pada 31 Desember bahwa otopsi para sandera yang terbunuh dan telah ditemukan menemukan penyebab kematian yang tidak sesuai dengan pernyataan Hamas bahwa mereka tewas dalam serangan udara. 

Namun Israel juga telah menyatakan dengan jelas bahwa mereka sadar akan risiko yang mungkin terjadi terhadap sandera akibat serangan mereka, dan mengambil tindakan pencegahan. 

“Operasi militer membutuhkan waktu. Hal ini mewajibkan kami untuk melakukan hal yang tepat, dan kami menyesuaikannya sesuai dengan ancaman dan sandera yang ada di lapangan,” kata juru bicara kepala angkatan bersenjata Laksamana Muda Daniel Hagari pada hari Minggu. 

Dari sekitar 240 orang yang ditangkap oleh Hamas dalam pembunuhan lintas batas pada 7 Oktober yang memicu perang, sekitar setengahnya dibebaskan melalui gencatan senjata pada bulan November. Israel mengatakan 132 orang masih berada di Gaza dan 25 di antaranya tewas di penangkaran. 

Krisis penyanderaan telah membuat warga Israel terguncang akibat serangan terburuk dalam sejarah mereka. Beberapa kerabat sandera telah meminta Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk melakukan gencatan senjata lagi atau bahkan membatalkan perang.

Bulan lalu, Netanyahu mengatakan di parlemen bahwa dia telah meminta Beijing untuk membantu membebaskan Argamani, yang ibunya Liora adalah warga Tiongkok. Menderita penyakit mematikan, Liora Argamani memohon agar bisa bertemu kembali dengan putrinya sebelum dia meninggal.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut