get app
inews
Aa Read Next : Terkuak! Identitas Bocah yang Ditemukan Tewas Tergeletak di Tol Cijago Depok

Agar Tidak Bablas ke Tol Cijago, Pengemudi arah Depok Perlu Waspadai Ini

Sabtu, 06 Januari 2024 | 10:17 WIB
header img
Ilustrasi Jalan Tol Cijago. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sudah tersambung sepenuhnya dan mulai dibuka pada Jumat (22/12/2023). Namun, pada hari kedua Sabtu (23/12/2023), faktanya masih banyak pengendara yang kebablasan, seharusnya keluar di pintu tol Depok-Antasari, tapi jadi lurus ke arah Cinere.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya kewaspadaan dan kebiasaan pengendara yang belum mengenali medan perjalanan. Padahal, pihak pengelola tol telah memasang papan peringatan dan petunjuk jalan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Pihak pengelola tol, PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), mengimbau kepada pengendara untuk memperhatikan rambu-rambu yang ada di jalan tol. Jika ingin keluar di pintu tol Depok-Antasari, pengendara harus memperlambat laju kendaraan pada Km 38, sembari berpindah ke lajur kiri secara perlahan. Jangan sampai terlewat pecahan jalan pintu keluar Tol Depok-Antasari yang berada di Km 39.

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) II yang menyambungkan Jalan Tol Jagorawi hingga ke Cinere, Depok. Tol Cijago terbagi menjadi 3 seksi. Seksi I (Jagorawi – Raya Bogor) sepanjang 3,70 kilometer (km) telah selesai pembangunannya, beroperasi sejak 27 Januari 2012. Sedangkan, Jalan Tol Cijago Seksi II, menghubungkan Jalan Raya Bogor (Cisalak) hingga Kukusan, sudah tersambung sejak tahun 2019. Dan pada tahun ini, pemerintah bersama PT TLKJ juga sedang menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi III Kukusan-Cinere yang diperkirakan rampung di April 2023.

Beberapa warganet memberikan respons positif terhadap tersambungnya Tol Cijago. Mereka menyambut baik inisiatif pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur transportasi dan berharap hal ini dapat membawa dampak positif bagi kelancaran lalu lintas. 

"Akhirnya, Tol Cijago terkoneksi! Semoga ini membawa manfaat besar dan mengurangi kemacetan di Depok," tulis salah seorang netizen di media sosial.

Namun, ada juga reaksi skeptis dari beberapa warganet, yang mengingatkan akan pentingnya kesadaran dan kepatuhan aturan berlalu lintas. 

"Tersambung atau tidak, tetap harus mematuhi aturan. Keselamatan dan kedisiplinan pengemudi tetap yang utama," komentar seorang pengguna media sosial lainnya. 

Tanggapan dari warganet memberikan nuansa beragam yang mencerminkan perhatian masyarakat terhadap aspek-aspek keselamatan dalam penggunaan jalan tol yang baru tersambung tersebut.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut