get app
inews
Aa Read Next : Dandim Depok Ajak Warga Hadiri Perayaan HUT ke-79 TNI di Monas

Tol Cijago Dioperasikan Secara Penuh Setelah 16 Tahun Penantian

Jum'at, 22 Desember 2023 | 08:28 WIB
header img
Tol Cijago seksi 3B resmi beroperasi pada Jumat (22/12). Foto: R Ratna Purnama

DEPOK,iNewsDepok.id- Ruas jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) rampung dikerjakan. Total panjang jalan mencapai 14,64 KM. Seksi 3B Tol Cijago sepanjang 2,19 KM pun sudah dapat digunakan pada Jumat (22/12). Pengerjaan tol ini memakan waktu lama hingga 16 tahun dan akhirnya rampung.

Tol Cijago dikerjakan oleh  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ). Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road 2 /JORR 2). Keberadaan Jalan Tol Cijago diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek.

“Jalan Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut – Cinere sudah dinyatakan lulus Uji Laik Fungsi dan sudah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta SK Operasi dari Kementrian PUPR pada tanggal 2 Oktober 2023,” kata Direktur Operasi PT TLKJ, Alfiandra, Jumat (22/12/2023).

Dengan selesainya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung termasuk tersambungnya Tol Serpong-Cinere Sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jaringan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol lainnya.

“Jalan Tol Cijago terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Junction Cimanggis. Selanjutnya di sisi barat terhubung dengan Jalan Tol Depok – Antasari menuju ke Blok M ataupun Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran, dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng,” ujarnya.

Untuk tarif Tol Cijago saat dibuka penuh melayani mobilitas libur Nataru 2023 masih diberlakukan dengan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai waktu yango akan ditentukan kemudian. 

Pengoperasian secara penuh Jalan Tol Cijago disambut baik oleh masyarakat. Saat pengoperasian penuh Jalan Tol Cijago , sudah tidak ada lagi kanalisasi, khususnya di pintu keluar Kukusan serta seluruh ramp di Krukut Junction akan dibuka.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut