get app
inews
Aa Read Next : BPN Kota Depok Kini Punya Program 120 Menit Pelayanan, Begini Tanggapan Warga

DPUPR Depok Tata Sempadan Irigasi Cabang Tengah, Ada Menara Pandang dan Taman di Sana

Sabtu, 06 Januari 2024 | 09:55 WIB
header img
Desain 3D Menara/Jembatan Pandang di Jalan Salak Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. (Foto:Dok.DPUPR)

DEPOK, iNewsDepok.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok sedang melakukan penataan sempadan Irigasi Cabang Tengah di Jalan Salak, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Penataan ini bertujuan untuk memaksimalkan ruang terbuka hijau sebagai sarana rekreasi dan edukasi bagi masyarakat.

Salah satu fasilitas yang menarik perhatian di kawasan sempadan irigasi tersebut adalah menara atau jembatan pandang. Menara pandang ini memiliki ketinggian 4,5 meter dari jalan raya dengan panjang 58 meter. Menara pandang ini dapat menampung sekitar 50-80 orang dan memiliki kapasitas beban sekitar 60-70 ton.

Menurut Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, menara pandang ini merupakan pengembangan dari ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rekreasi masyarakat. Selain itu, menara pandang ini juga dapat berfungsi sebagai Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) jika diperlukan.

"Jadi fungsi utamanya adalah untuk menara pandang, selain bisa juga difungsikan sebagai Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)," ujar Citra, seperti dilansir dari Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok.

Selain menara pandang, penataan sempadan irigasi ini juga meliputi penataan saluran, peningkatan jalan, dan pembuatan taman. Taman ini dilengkapi dengan jalur pejalan kaki, jalur sepeda, dan areal rekreasi di sekitar sungai. Taman ini diharapkan dapat menjadi tempat yang asri, nyaman, dan ramah lingkungan bagi warga Depok.

Pagu anggaran yang disiapkan untuk penataan sempadan irigasi ini senilai Rp13,5 miliar dengan panjang sekitar 700 meter dari Simpang Sengon hingga Jembatan Jalan Salak. Pembangunan ini ditargetkan rampung pada 29 Desember 2023.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Pekerjaan dilakukan untuk kepentingan masyarakat Kota Depok," tutup Citra.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut