get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ulfatun, Anak Buruh Ukir Hidup Pas-pasan, Raih Beasiswa S2 di UGM Lulus IPK Cumlaude 3,89

Kisah Inspiratif Mlathi Anggayuh Jati, Wisudawan Berprestai UGM yang Kuliah sambil Berobat Jalan

Kamis, 21 Desember 2023 | 11:09 WIB
header img
Mlathi Anggayuh Jati adalah salah satu dari 1.852 wisudawan pada upacara wisuda program Sarjana dan Diploma Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 22 November lalu. Foto: ugm.ac.id

YOGYAKARTA, iNews.id - Mlathi Anggayuh Jati adalah salah satu dari 1.852 wisudawan pada upacara wisuda program Sarjana dan Diploma Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 22 November lalu.

Gayuh, yang merupakan wisudawan terbaik dari Fakultas Psikologi, merasa beruntung karena mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi. Prestasi akademisnya tidak didapatkan tanpa rintangan.

Selama kuliah, Gayuh harus menghadapi gangguan bipolar. "Sejak awal tahun 2020, saya didiagnosis gangguan bipolar dan menjalani serangkaian terapi dengan psikiater dan psikolog," ujar Gayuh dilansir laman resmi UGM, Rabu (20/12).

Bagi Gayuh, kondisi ini sangat menantang karena ia sering kesulitan mengelola diri dan membagi waktu untuk kuliah. 

Meskipun menghadapi beberapa kelas online dari rumah sakit dan mengerjakan tugas saat menunggu antrian obat, Gayuh tetap berpartisipasi aktif dalam diskusi, kerja kelompok, dan persiapan lomba.

Meskipun terlihat memaksakan diri, Gayuh melihat pertarungan ini sebagai cara untuk tetap termotivasi, bahkan dalam kondisi tidak optimal. Dia selalu terbuka mengenai kondisinya kepada orang-orang di sekitarnya dan berusaha berkomunikasi dengan baik.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut