get app
inews
Aa Read Next : Memanas! AS dan Inggris Lancarkan Serangan Terhadap Houthi di Yaman

Kelompok Yahudi AS Lakukan Protes di Delapan Kota Untuk Gencatan Senjata di Gaza

Jum'at, 15 Desember 2023 | 13:25 WIB
header img
Para pengunjuk rasa dari kelompok nasional Suara Yahudi untuk Perdamaian menyerukan gencatan senjata dalam perang Israel-Hamas dalam demonstrasi di seluruh AS yang menandai malam ke-8 Hanukkah sebagai mereka memblokir jalan raya. Foto: Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Sebuah kelompok Yahudi yang menuntut gencatan senjata dalam perang Israel di Gaza mengadakan protes pada hari Kamis di delapan kota di AS pada malam kedelapan bulan Hanukkah, memblokir lalu lintas pada jam-jam sibuk di jalan-jalan dan jembatan-jembatan yang sibuk di Washington dan Philadelphia.

Di Washington kelompok Suara Yahudi untuk Perdamaian mengatakan sekitar 90 pengunjuk rasa memblokir jalan layang menuju New York Avenue di bagian barat laut ibu kota AS. Polisi mengatakan demonstrasi tersebut menutup persimpangan New York Avenue dan North Capitol Street dan mendesak masyarakat untuk menggunakan rute alternatif.

"Pada malam ke 8 Hanukkah, 8 kota, 8 jembatan," Suara Yahudi untuk Perdamaian berkata melalui media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter. "Kami di sini, berkumpul di seluruh negeri dalam jumlah besar dan terus bertambah, untuk tidak berkata apa-apa lagi."

Demonstrasi juga terjadi di Boston, Atlanta, Chicago, Minneapolis, Seattle dan Portland, Oregon.

Di Philadelphia, sekitar 200 pengunjuk rasa memblokir jalan raya I-76 sebentar, dan lebih dari 30 penangkapan dilakukan, kata seorang saksi mata Reuters. Para pengunjuk rasa memegang tanda dan spanduk bertuliskan: "Biarkan Gaza Hidup" dan "Bukan atas nama kami."

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Selasa menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Jalur Gaza di mana Israel telah berjanji untuk memusnahkan militan Hamas.

Perang di Gaza telah memicu protes pro-Palestina dan pro-Israel di Amerika Serikat sejak 7 Oktober ketika Hamas, kelompok Islam Palestina yang menguasai Gaza, membunuh 1.200 warga Israel dan menyandera 240 orang dalam serangan lintas batas.

Sejak itu, pasukan Israel telah mengepung daerah kantong pesisir tersebut dan menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut, dengan hampir 19.000 orang tewas, menurut pejabat kesehatan Palestina.

Pada hari Rabu, aktivis anti-perang di jalan raya Los Angeles yang sibuk selama jam sibuk pagi hari dan sementara beberapa staf dari Biden pemerintah juga mengadakan aksi menuntut gencatan senjata dengan memblokir lalu lintas.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut