get app
inews
Aa Read Next : Anggota Parlemen Polandia Matikan Lilin Yahudi di Parlemen Dengan APAR

PM Palestina: Israel Ingin Ganti Masjid Al Aqsa Menjadi Kuil Yahudi

Selasa, 03 Januari 2023 | 20:23 WIB
header img
Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh. Foto: MPI

TEPI BARAT, iNewsDepok.id - Kecaman atas kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir ke Masjid Al Aqsa terus berdatangan dari sejumlah pihak. Pasalnya, politikus sayap kanan Yahudi itu berkunjung ke kompleks Masjid Al Aqsa, Selasa (3/1/2023).

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh bahkan menegaskan kunjungan Itamar sebagai upaya untuk mengubah status tempat suci ketiga bagi umat Islam itu menjadi kuil Yahudi.

Dalam pidato di hadapan kabinet, Shtayyeh juga mengajak warga Palestina untuk menentang setiap kunjungan Yahudi ke Masjid Al Aqsa.

Media online Israel Ynet merilis foto-foto saat Itamar berkeliling di kompleks Al Aqsa dengan pengamanan sangat ketat. Dia dilaporkan tak mendekat Masjid Qibli, Dome of the Rock, maupun melakukan ritual Yahudi.

Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi. Umat agama lain dilarang masuk apalagi melakukan aktivitas keagamaan di dalamnya.

Orang Yahudi juga mengklaim kompleks tersebut sebagai tempat suci mereka terkait klaim keberadaan dua kuil kuno sejak masa lalu.

Sebelumnya pemimpin oposisi Israel yang juga mantan perdana menteri Yair Lapid juga mengecam kunjungan Itamar. Dia memperingatkan kunjungan Itmar bisa memicu kekerasan.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut kunjungan menteri ekstremis itu ke Masjid Al Aqsa dengan menyebutnya sebagai provokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya serta membuat konflik semakin panas.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut