get app
inews
Aa Read Next : Mentan Targetkan 500 Ribu Hektare Sawah Baru di Kalteng

Memasuki Musim Penghujan, Kementan Siapkan Embung Pertanian Penampung Air

Rabu, 13 Desember 2023 | 16:16 WIB
header img
Embung penampungan air. Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo

JAKARTA, iNewsDepok.id - Fenomena iklim yang memicu anomali kenaikan suhu El Nino yang mengakibatkan kekeringan menjadi pembelajaran bagi pertanian Indonesia. Memasuki musim penghujan Kementerian Pertanian melakukan berbagai langkah untuk menggenjot produktivitas pertanian dengan salah satunya membuat wadah embung air untuk pertanian. 

Hal itu dilakukan oleh Program UPLAND dalam salah satu programnya pengembangan infrastruktur irigasi.  Embung penampungan air yang selalu terisi di musim penghujan dapat digunakan oleh petani agar tidak khawatir lagi terhadapnya kekurangan air. 

"El-nino harus menjadi salah satu pembelajaran pertanian. Sebab dampaknya tidak hanya di Indonesia tapi dunia. Terjadinya krisis pangan yang mengancam dunia," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023). 

Lebih lanjut Amran mengayakan, selain pembuatan embung, UPLAND Project melakukan pembangunan irigasi lain  program pengembangan prasarana. Semuanya dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia. 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Ali Jamil mengatakan, selain embung irigasi yang dilakukan UPLAND yakni meliputi Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), irigasi perpompaan atau perpipaan dan kelengkapannya. Irigasi air tanah, dam parit, dan long storage.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut