get app
inews
Aa Read Next : Samsung BESPOKE AI, Inovasi Terbaru untuk Hemat Energi, Waktu, Biaya, dan Berkelanjutan

Terpapar Teknologi Sejak Usia Dini, Begini Cara Mendidik Generasi Alfa

Selasa, 12 Desember 2023 | 14:42 WIB
header img
Sesi kelas parenting bertema “Technology x Gen Alfa” dengan narasumber Nucha dan Ario – Founder @parentalk.id and Tech Enthusiast. Foto: Novi

Generasi alfa adalah sebutan untuk anak-anak yang terlahir setelah tahun 2010. Sama seperti generasi-generasi sebelumnya, generasi ini pun memiliki ciri atau karakter sendiri yang dipengaruhi oleh zaman dan lingkungan dimana mereka tumbuh.

Para ahli memperkirakan, generasi alfa akan menjadi generasi dengan jumlah terbanyak. Dimana ada sekitar 2,5 juta kelahiran setiap minggunya, sehingga diperkirakan pada tahun 2025 jumlahnya akan mencapai 2 miliar.

Tidak hanya menjadi yang terbanyak, generasi alfa juga diprediksi akan menjadi yang paling berpengaruh di masa depan. Sebab, generasi ini tumbuh di tengah keberadaan teknologi canggih yang dapat memengaruhi pertumbuhan mereka. Anak-anak generasi ini pun akan lebih berwawasan luas dan terdidik dengan baik.


Pada dasarnya, anak dalam masa pertumbuhan mengandalkan stimulasi dari dunia nyata untuk perkembangannya. Foto: Novi

 

Tak hanya berdampak positif, kemajuan teknologi pun bisa berdampak negatif jika tidak digunakan secara bijak. Si Kecil yang terlalu melek teknologi, bisa kecanduan gadget hingga menjadi pribadi anti sosial, malas bergerak, dan terjerumus dalam pergaulan sesat. Sudah banyak buktinya. Ini jadi tantangan besar bagi para orangtua milenial untuk mendidik buah hatinya.

MY BABY, merek produk kebutuhan bayi yang dipercaya oleh Ibu di Indonesia, menyadari pentingnya pembentukan fondasi karakter Si Kecil sejak dini. Orangtua saat ini diharapkan memiliki pengetahuan yang luas dan matang agar mampu mengajarkan hal-hal baik untuk Gen Alfa yang lebih tangguh di masa depan. 

Pada dasarnya, anak dalam masa pertumbuhan mengandalkan stimulasi dari dunia nyata untuk perkembangannya. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, mengikuti perkembangan teknologi dan digital yang pesat, anak-anak semakin banyak yang terpapar dengan perangkat digital sehingga Generasi Alfa akan bermain, belajar, dan berinteraksi dengan cara yang baru.

Kebiasaan baru ini dikarenakan mereka lahir dalam lingkup dimana semua perangkat digital terhubung dengan lingkungan fisik tempat mereka beraktivitas. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi orangtua dalam mendidik anak di era digital.

Oleh karena itu, MY BABY sebagai brand yang berkomitmen untuk menemani ibu dalam perjalanan parenting, berupaya membantu orangtua untuk memperkaya pengetahuan dalam beradaptasi dengan perkembangan terkini agar teredukasi dengan baik. Mampu mengelola emosi sebagai orangtua, mendidik anak di era digital dan teknologi dengan positif, memiliki kemampuan dalam merencanakan finansial bagi masa depan anak, dan siap menghadapi berbagai tantangan dalam parenting generasi alfa.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut