get app
inews
Aa Read Next : BNPT RI: Tak Ada Serangan Teror di 2023, Keamanan Indonesia Semakin Baik

BNPT RI-Kementan Tingkatkan Kolaborasi Deradikalisasi melalui Program Pertanian

Rabu, 06 Desember 2023 | 16:56 WIB
header img
Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono. Foto: doc BNPT RI

SENTUL BOGORiNewsDepok.id - BNPT RI dan Kementerian Pertanian (Kementan) sepakat meningkatkan kolaborasi deradikalisasi melalui program pertanian 
antara lain Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bangbang Surono program Serasi digulirkan di 10 provinsi.
Tujuannya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan eks narapidana terorisme atau mitra deradikalisasi. 

Hal ini dilakukan karena terdapat banyak faktor yang memicu seseorang terlibat dalam terorisme, salah satunya faktor kemiskinan.

“Faktor pemicu terorisme tidak tunggal tapi multi faktor, salah satunya kemiskinan, oleh karena itu kita tingkatkan kesejahteraan dan produktivitas mereka (mitra deradikalisasi) melalui program pertanian,” kata Bangbang saat audiensi dengan jajaran Kementan, Selasa (5/12)

Selain program Serasi di 10 provinsi, kerja sama BNPT dan Kementan juga akan direalisasikan melalui peningkatan efektivitas Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di 5 provinsi lokasi fokus tim Sinergisitas.

Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementan Dr Sudi Mardianto mengatakan Kementan akan memberikan dukungan sesuai potensi masing-masing KTN. Dukungan tersebut dapat berupa bibit, alat pertanian dan pendampingan bagi mitra deradikalisasi untuk mengusahakan lahan pertanian. 

“Di wilayah situ (5 provinsi lokasi fokus tim Sinegisitas) bisa kita kembangkan ekonominya dengan memberikan dukungan sesuai dengan potensi KTN-nya,” ujar Sudi Mardianto.

Dalam mewujudkan kerja sama ini BNPT dan Kementan akan melakukan pendataan serta koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait mengenai jumlah mitra deradikalisasi yang menjadi penerima manfaat dan kebutuhan lain untuk mendukung deradikalisasi melalui kolaborasi program pertanian. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut