get app
inews
Aa Read Next : Panwaslu Kecamatan Sukmajaya Beberkan Capaian Kinerja dalam Menertibkan APK Pemilu 2024

Posko Anti Hoax Diresmikan Cegah Berita Hoax Jelang Pemilu

Kamis, 23 November 2023 | 20:34 WIB
header img
Peresmian Posko Anti Hoax di Polres Depok. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Polres Metro Depok meresmikan posko Anti Hoax. Posko ini sebagai media center untuk menerima adanya laporan hoax saat pelaksanaan Pemilu nanti. Posko ini bertujuan menangkal berita bohong hingga ujaran kebencian.

Kapolres Metro Depok, Kombes Ahmad Fuady mengatakan, Posko Anti Hoax ini sebagai sarana untuk mencegah, memitigasi, sekaligus mengedukasi masyarakat apabila ada berita hoax yang tersebar. Dikatakan, Posko Anti Hoax ini sangat penting dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Sehingga kita harapkan pelaksanaan Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan aman, dengan lancar, dan sukses, tanpa adanya berita-berita hoax yang tersebar di masyarakat,” katanya, Kamis (23/11/2023).

Posko Anti Hoax ini melibatkan sejumlah unsur. Antara lain Polri, TNI, Pemkot Depok, wartawan, dan pegiat media sosial. 

“Apabila ada nanti berita yang cenderung ke arah hoax atau mungkin antara narasi dengan gambar yang ditampilkan tidak sesuai, maka tentunya kita akan mengedukasi ke masyarakat. Kita akan menginformasikan kepada masyarakat bahwa berita itu kurang tepat, tidak tepat, atau bahkan mengarah kepada hoax. Kita juga siapkan tim siber,” ujarnya.

Dia mengimbau pada masyarakat Kota Depok agar melaksanakan tahapan Pemilu 2024 ini tanpa adanya berita hoax.

“Apabila ada masyarakat yang menemukan suatu berita yang cenderung kepada berita-berita hoax, atau mungkin tidak benar, maka silakan bisa mentag ke akun Polres Metro Depok,” tambahnya.

Ketua Ikatan Jurnalistik Indonesia (IJTI) Korda Depok, Iyung Rizki, menyambut baik diresmikannya posko tersebut. Menurutnya, ini menjadi bagian penting dalam perjalanan pesta demokrasi di Indonesia, khususnya di Kota Depok.

”Tentu harapannya hal ini bisa menekan ruang gerak penyebaran berita hoax, khususnya di Kota Depok. Mari bijak bermedia sosial,” katanya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut