get app
inews
Aa Read Next : Viral RS di Bekasi Membludak Karena DBD, Warga Bekasi Barat Mulai Gencarkan Fogging

Teknologi Wolbachia Diterapkan di Indonesia, Terbukti di 9 Negara Mampu Menurunkan Penyebaran DBD

Rabu, 22 November 2023 | 09:25 WIB
header img
Teknologi Wolbachia diterapkan di Indonesia untuk menurunkan DBD. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan teknologi Wolbachia untuk menurunkan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) sudah terbukti di sembilan negara.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Siti Nadia Tarmizi menyebut negara yang dimaksud adalah Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Meksico, Kiribati, Kaledonia Baru, dan Sri Lanka. Oleh sebab itu, kata Nadia, teknologi itu juga diterapkan di Indonesia.

"Teknologi Wolbachia melengkapi strategi pengendalian yang berkasnya sudah masuk ke Stranas (Strategi Nasional)," ujar Nadia.

Diketahui bahwa Wolbachia mampu melumpuhkan virus dengue dalam tubuh nyamuk aedes aegypti, sehingga virus dengue tidak akan menular ke dalam tubuh manusia.

"Jika aedes aegypti jantan berwolbachia kawin dengan aedes aegypti betina maka virus dengue pada nyamuk betina akan terblok. Selain itu, jika yang berwolbachia itu nyamuk betina kawin dengan nyamuk jantan yang tidak berwolbachia maka seluruh telurnya akan mengandung wolbachia," ujarnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut