get app
inews
Aa Read Next : Dikunjungi Banyak Grup Pecinta Burung Dunia, Desa Wisata Soinrat Simpan Berbagai Burung Khas Endemik

Miliki Wisata Agro, Religi hingga Budaya, Desa Kassi Masuk Menjadi 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Jum'at, 17 November 2023 | 14:34 WIB
header img
Desa Kassi yang berada di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Foto: Kemenparekraf RI

JENEPONTO, iNewsDepok.id - Terletak di kawasan pegunungan Kabupaten Jeneponto, Desa Kassi, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan memiliki pertumbuhan agro yang subur dengan curah hujan tinggi. Inilah yang membuat wisata agro bisa berdiri di Desa Kassi.

Tak hanya menjadi tujuan wisata agro, Desa Kassi atau yang biasa disebut Butta Panggallarrang (pemberian gelar) juga menjadi kawasan tujuan wisata religi, budaya, kuliner hingga kesenian.

Tidak salah jika Desa Kassi yang berada di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini terpilih menjadi salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Ya, dalam rangka penilaian ADWI 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan visitasi langsung. Kegiatan ini dipimpin Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua bersama dua Juri ADWI, I Made Wena dan Mangku Nyoman Kandia.

Dalam kunjungan ini, rombongan Kemenparekraf didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, Sekda Jeneponto Muh Arifin Nur, dan juga jajaran Forkopimda Jeneponto.

Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir mengatakan, Desa Wisata Kassi memiliki keunggulan berupa daya tarik agrowisata sekaligus edukasi bercocok tanam. Disini pengunjung dapat langsung belajar cara mengolah kopi secara tradisional, bercocok tanam buah dan sayur serta merasakan pengalaman berharga, memanen langsung buah dan sayur dan menikmatinya, hingga menjadi buah tangan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut