get app
inews
Aa Read Next : Naturalisasi, Verdonk dan Raven Susul Maarten Paes Gabung Timnas Garuda

Pengakuan Shin Tae Yong Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia vs Irak 

Jum'at, 17 November 2023 | 12:26 WIB
header img
Shin Tae-yong marah hingga bentak Barnabas Sobor. Foto: Pinterest

DEPOK, iNewsDepok.id - Pada pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia mengalami kekalahan telak dengan skor 1-5 dari tuan rumah, Timnas Irak, pada Kamis malam.
 

Irak berhasil unggul melalui gol-gol yang dicetak oleh Bashar Resan, Jordi Amat (gol bunuh diri), Osama Rashid, Youssef Amyn, dan Ali Al-Hamadi. Shayne Pattynama berhasil mencetak gol hiburan untuk Indonesia, memperkecil ketertinggalan.
 

Dengan hasil ini, Indonesia menempati posisi juru kunci klasemen sementara Grup F tanpa meraih poin. Sementara itu, Irak menduduki peringkat pertama dengan tiga poin.
 

Secara statistik, Irak mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 66 persen. Irak berhasil melepaskan enam tendangan, empat di antaranya mengarah ke sasaran.
 

Irak mengambil inisiatif menyerang pada babak pertama, berhasil membobol gawang Nadeo Argawinata pada menit 20 melalui Bashar Resan. Jordi Amat menyumbang gol bunuh diri pada menit 35 setelah memanfaatkan kesalahan Marc Klok.
 

Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 menjelang akhir babak pertama melalui gol Shayne Pattynama yang memanfaatkan umpan Rafael Struick.
 

Pada babak kedua, Irak kembali mencetak gol pada menit 61 melalui tendangan Osama Rashid, membuat skor menjadi 3-1. Youssef Amyn menambah keunggulan Irak menjadi 4-1 pada menit 81, diikuti oleh Ali Al-Hamadi yang membuat skor menjadi 5-1.
 

Pertandingan berakhir dengan Irak sebagai pemenang. Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan tandang melawan Filipina.
Laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia, yang akan berlangsung pada Selasa (21/11).

 

Sementara itu, Irak akan bertandang ke markas Vietnam pada hari yang sama.

Pengakuan Shin Tae Yong 

Pelatih Shin Tae Yong akui kelelahan dan kehilangan konsentrasi jadi penyebab kekalahan Timnas Indonesia.

Ia mengakui bahwa kelelahan dan kehilangan konsentrasi menjadi penyebab utama kekalahan timnya dari Irak dengan skor telak 5-1.

Timnas Indonesia tidak mampu menahan gempuran Irak yang unggul lewat lima gol yang dicetak oleh empat pemain berbeda.

Shin Tae Yong mengaku bahwa perjalanan panjang timnas berdampak pada kondisi fisik dan mental para pemain.

Ia juga menilai bahwa para pemain kehilangan konsentrasi di atas lapangan, terutama di babak kedua saat mereka tertinggal dua gol.

"Kami sangat lelah karena perjalanan yang sangat panjang. Kami baru tiba dua hari sebelum pertandingan. Kami tidak punya waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan cuaca dan lapangan di sini," kata Shin Tae Yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Kami bermain bagus di babak pertama, tapi kami tidak bisa mempertahankan performa kami di babak kedua. Kami kehilangan konsentrasi," ujarnya menambahkan.

Meskipun mengalami kekalahan besar, Shin Tae Yong tidak mau menyerah begitu saja.

Ia berjanji akan memperbaiki kekurangan timnya dan mempersiapkan strategi yang lebih baik untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

"Kami harus belajar dari kekalahan ini dan mencoba untuk meningkatkan kualitas kami," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae Yong juga menegaskan bahwa timnya akan berusaha untuk membalas dendam kepada Irak saat mereka bertemu kembali di pertandingan terakhir Grup F.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Irak:

Belakang

- Nadeo Argawinata (kiper)
- Rizky Ridho
- Jordi Amat
- Elkan Baggott.

Tengah

- Asnawi Mangkualam
- Marc Klok (Witan Sulaeman 76')

- Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46')

- Shayne Pattynama (tengah)

- Adam Alis (Arkhan Fikri 46')

Depan

- Dendy Sulistyawan (Pratama Arhan 76')
- Dimas Drajad (Rafael Struick 39'). 

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut