get app
inews
Aa
Read Next : Tips Liburan Hemat ke Perth, Enaknya Ngapain Aja?

Iran Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022 Bersama 13 Negara, Ini Datanya

Jum'at, 28 Januari 2022 | 08:37 WIB
header img
Mehdi Taremi dipeluk rekan-rekannya setelah mencetak gol yang meloloskan Iran ke putaran final Piala Dunia 2022. Foto: Times of Globe

TEHERAN, iNews.id - Iran memastikan diri menjadi negara pertama di Asia yang lolos ke  putaran final Piala Dunia 2022 melalui babak kualifikasi Zona Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Kepastian ini didapat setelah tim dari negara Ayatullah Khomeini itu mengalahkan Irak 1-0 pada laga ketujuh Grup A putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Azadi, Teheran, Kamis (27/1/2022) waktu setempat. Gol semata wayang Iran dicetak Mehdi Taremi pada menit ke-48.

Kemenangan ini membuat Iran menduduki posisi runner up Grup A dan mengantongi keunggulan 10 poin dari Uni Emirate Arab (UEA) yang berada di peringkat ketiga, serta berhak menemani Qatar ke final Piala Dunia 2022.

Meski demikian, UEA masih harus menghadapi peringkat ketiga Grup B di putaran keempat, dan pemenangnya akan menghadapi peringkat kelima di klasemen akhir Zona CONMEBOL di laga play-off antarkonfederasi.

Keberhasilan Iran lolos ke putaran final Piala Dunia merupakan yang keenam kali, karena sebelumnya Iran berhasil tampil di empat putaran final di enam edisi terakhir Piala Dunia, termasuk di dua edisi terakhir. Meski tidak pernah mampu melaju ke fase gugur.

"Tentu, saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemain atas pretasi ini. Mereka tampil begitu baik di laga kontra Irak. Benar-benar menjadi kehormatan bisa membuat fan sepak bola Iran senang,'' kata pelatih Iran, Dragan Skocic, seusai laga kontra Irak seperti dilansir Teheran Times, Jumat (28/1/2022).

Di Grup B, Australia mencukur Vietnam 4-0, sementara Jepang menundukkan China 2-0. Pamuncak klasemen Grup A, Arab Saudi, menang 1-0 dari Oman.

Kekalahan dari Australia membuat Vietnam terpaksa harus mengubur mimpi untuk tampil di putaran final Piala Dunia untuk yang pertama kali, sementara Australia sendiri terdampar di posisi ketiga klasemen, dan Arab Saudi finis di empat besar. 

Berikut daftar tim negara yang lolos ke Piala Dunia 2022.
1. Qatar (tuan rumah)
2. Jerman 
3. Denmark 
4. Brasil 
5. Belgia 
6. Prancis 
7. Kroasia 
8. Spanyol 
9. Serbia 
10. Swiss 
11. Inggris 
12. Belanda 
13. Argentina 
14. Iran 
 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut