get app
inews
Aa Read Next : Ini Target Pelanggaran Selama Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2024 Yang Disasar Polri

Antisipasi Kemacetan Libur Nataru 2023, Korlantas Polri Bakal Batasi Angkutan Barang

Jum'at, 03 November 2023 | 18:35 WIB
header img
Kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Korlantas Polri mulai melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. 

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan jalur sepanjang Tol Semarang-Surabaya pada Kamis, 2 November 2023.

Pengecekan jalur dilakukan di Rest Area KM 575 A Ngawi, Jawa Timur, untuk melihat ketersediaan dan kesiapan kantong parkir. Selain itu, Korlantas Polri juga mengecek Terminal Purabaya atau Terminal Bungurasih.

"Dari pernyataan Pak Dirlantas (Polda Jawa Timur), 15 Desember itu sudah selesai semuanya pada saat operasi Natal dan Tahun Baru sudah bisa dilewati," kata Aan dikutip dari laman NTMC Polri, Jumat, 3 November 2023.

Aan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi antisipasi apabila terjadi kepadatan dan perlambatan mulai dari pembatasan angkutan barang hingga contra flow.

"Kami akan mengusulkan untuk membatasi angkutan barang dan menambah kapasitas jalan dengan melakukan contra flow mulai satu lajur, dua lajur, sampai tiga lajur," ujarnya.

Aan juga memperkirakan bakal ada pertemuan kendaraan dari Cisumdawu dan Cipali di KM 152, yang merupakan pertemuan arus dari Bandung dan arah Jakarta. 

"Kepadatan di jalur tersebut akan diantisipasi dengan melakukan contraflow ke KM sebelumnya dan masuk ke KM setelahnya," pungkasnya.

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut