get app
inews
Aa Read Next : Ini Upaya Pemkot Depok Atasi Banjir di Kecamatan Cipayung dan Sawangan

BNPT RI Perkuat Identifikasi Manajemen Risiko dalam Penanggulangan Terorisme

Selasa, 31 Oktober 2023 | 19:19 WIB
header img
Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono. Foto: doc BNPT RI

BOGOR, iNewsDepok.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) memperkuat identifikasi manajemen risiko mengingat semua kebijakan penanggulangan terorisme memiliki risiko yang mungkin terjadi.

"Setiap kebijakan, aktivitas kita mengandung risiko. Maka, penting untuk mengukur atau memperkuat manajemen risiko," kata Sekretaris Utama BNPT RI Bangbang Surono dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kebijakan strategis manajemen risiko terintegrasi berbasis teknologi informasi di lingkungan BNPT RI di Kantor Pusat BNPT Sentul, pada Selasa (31/10).

Identifikasi manajemen risiko selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang mengamanatkan seluruh kementerian/lembaga/daerah wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

"Mengamanatkan bahwa seluruh kementerian/lembaga/daerah wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. Melalui penerapan unsur-unsur SPIP yang meliputi lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian internal yang dilaksanakan menyatu dan menjadi bagian integral dari kegiatan di lingkungan kementerian/lembaga/daerah," jelas Bangbang.

Inspektur BNPT RI, Catur Iman Pratignyo menyatakan pentingnya manajemen risiko lintas sektor yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme.

"BNPT harus mengampu manajemen risiko tingkat sektor dalam penanggulangan terorisme. Harus kita rumuskan bersama dengan TNI, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan instansi terkait lainnya," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Direktur Deradikalisasi BNPT, Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid turut menjelaskan manajemen risiko dalam perspektif intelijen.

"Dalam ilmu intelijen, manajemen risiko disebut teori prediksi antisipasi. Beragam risiko mungkin terjadi, mulai dari terjadinya aksi terorisme yang berdampak pada ketidakpercayaan masyarakat hingga konflik sosial. Maka kalau sudah ada prediksi, perlu diminimalisir risiko," kata Nurwakhid.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut