get app
inews
Aa Read Next : Ini Upaya Pemkot Depok Atasi Banjir di Kecamatan Cipayung dan Sawangan

Sejarah SMAN 5 Depok, Awalnya SMAN 1 Depok Kelas Jauh

Selasa, 31 Oktober 2023 | 09:43 WIB
header img
SMAN 5 Depok kini dipimpin Supyana, M.Pd sebagai kepala sekolah. SMAN 5 Depok berdiri pada tahun 2001. Foto: iNews Depok/Mada Mahfud

DEPOK, iNewsDepok.id – Sejarah SMAN 5 Depok didirikan pada tahun 2001.  Awalnya adalah SMAN 1 Depok Kelas Jauh pada 2001.

Menurut Athif Yahya, Ketua Umum OSIS SMAN 5 Depok periode 2022-2023 dalam Podcast SMANLI TALK pada tanggal 16 Juni 2001, Dinas Pendidikan Kota Depok yang baru berdiri, berencana untuk menambah SMA Negeri di wilayah Kota Depok yang pada saat itu sedang menjadi kota berkembang,” kata Athif.

Dinas Pendidikan Kota Depok kemudian mencari lahan yang direncanakan untuk mendirikan SMAN 1 Depok untuk Kelas Jauh. Lahan kemdian ditetapkan di Perumahan Bukit Rivaria Sektor IV–Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

“Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Depok untuk Kelas Jauh ini menjadi cikal bakal berdirinya SMAN 5 Depok,” kata Athief.

Sementara itu Maurana Idzil Fikryansyah, mantan Ketua Umum MPK SMAN 5 Depok Periode 2022-2023 menyatakan pada awalnya, kegiatan belajar mengajar di SMAN 5 Depok berlangsung di SMU Muhamdiyah 38 Sawangan.

 

“SMAN 1 Depok Kelas Jauh ini mengalami kendala dikarenakan belum memiliki gedung untuk dijadikan tempat proses kegiatan belajar mengajar namun kegiatan belajar mengajar harus segera dimulai. Oleh karena itu, sebagai solusinya proses kegiatan belajar mengajar selama beberapa bulan dialihkan di gedung SMU Muhammadiyah 38, Sawangan sementara menunggu proses pembangunan gedung selesai,” kata Maurana Idzil Fikryansyah.

Setelah gedung dibangun, SMAN 5 Depok diresmikan pada tanggal 24 Februari 2003. Sebagai kepala sekolah pertama adalah dengan Dra Erry Srianti. Seiring dengan bergantinya tahun ajaran dan bertambahnya siswa, penambahan gedung terus dilakukan.

Lambat laun SMAN 5 Kota Depok berkembang dan sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti adanya lapangan futsal dan lapangan basket.  

SMAN 5 Kota Depok juga memiliki ruangan seperti UKS, Multimedia, Laboratorium, Dapur PKWU, Sablon, dan Masjid.

SMAN 5  Depok kini dipimpin Supyana, M.Pd sebagai kepala sekolah. Di bawah bimbingan mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Depok ini, SMAN 5 Depok diharapkan berkembang lebih pesat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut