get app
inews
Aa Read Next : PBNU Lantik Pengurus NU Depok 2024-2029: Diminta Jaga Agama, Negara, dan Umat

Heboh! Penampakan Buaya di Kali Rivaria, Dekat SMAN 5 Depok

Minggu, 04 Agustus 2024 | 18:06 WIB
header img
Tangkapan layar video viral penampakan anak buaya di Kali Rivaria, Dekat SMAN 5 Depok. (Foto: iNews Depok/@sawanganinfo)

DEPOK, iNews Depok. id - Kehebohan melanda warga Depok setelah beredarnya video penampakan diduga anak buaya di Kali Rivaria, tepatnya di dekat SMA 5 Depok. Video yang diunggah akun Instagram @sawangan_info pada Minggu (4/8/2024) ini membuat warga sekitar khawatir.

Dalam video tersebut, terlihat jelas sosok mirip anak buaya muncul ke permukaan air setelah hujan deras mengguyur Depok pada Sabtu (3/8/2024). Penampakan satwa predator ini pun memicu beragam reaksi dari warganet.

Banyak warganet menduga adanya induk buaya di sekitar lokasi dan meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Depok untuk segera bertindak. Namun, Kasi Penyelamatan Damkar Depok, Tesy Haryanti, menjelaskan bahwa penanganan buaya merupakan kewenangan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Buaya merupakan satwa yang dilindungi undang-undang. Jadi kami tidak bisa sembarangan menangkap atau memindahkannya,” ujar Tesy, dikonfirmasi Minggu (4/8/2024).

Meski demikian, Damkar Depok siap membantu proses evakuasi jika diperlukan. Sebagai langkah antisipasi awal, Damkar Depok mengimbau warga sekitar untuk berhati-hati dan memasang tanda peringatan di sekitar Kali Rivaria.

"Untuk sementara, buatlah plang bertuliskan ‘hati-hati, awas ada kemunculan buaya’," saran Tesy.

Terkait penanganan lebih lanjut, Tesy menambahkan bahwa BKSDA telah merespons laporan tersebut dan sedang melakukan koordinasi. 

“Alhamdulillah, BKSDA sudah respon, mereka sedang konsolidasi. Semoga bisa cepat dievakuasi. Damkar Depok telah meminta bantuan evakuasi ke BKSDA Bogor,” tuntasnya.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut