get app
inews
Aa Read Next : Dampak Kutu Air yang Tak Terobati: Kenali dan Atasi Risikonya

Bahaya Mencium Bayi secara Sembarangan, Bisa Tulari 5 Penyakit Ini

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 06:19 WIB
header img
Bahaya mencim bayi sembarangan. bisa tulari 5 penyakit. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepokid - Mencium bayi tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa tulari penyakit. Berikut 5 penyakit yang bisa menular ke bayi akibat ciuman.

Bayi memang menggemaskan dan membuat kita ingin menciumnya. Namun, tahukah Anda bahwa mencium bayi sembarangan bisa membahayakan kesehatannya?

Ya, bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah dan rentan terkena infeksi dari orang dewasa. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat bersentuhan dengan bayi, terutama di area wajah.

Berikut adalah 5 penyakit yang bisa menulari bayi akibat dicium:

1. Herpes simpleks 

Herpes simpleks adalah infeksi virus yang menyebabkan luka melepuh di bibir, mulut, atau kulit. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan luka atau air liur penderita. Jika bayi terinfeksi herpes simpleks, ia bisa mengalami demam tinggi, lemas, kejang, radang otak, bahkan kematian .

2. Meningitis 

Meningitis adalah peradangan pada selaput yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang. Penyebabnya bisa berupa virus, bakteri, jamur, atau parasit. Meningitis dapat menular melalui kontak dekat dengan cairan hidung atau tenggorokan penderita. Gejala meningitis pada bayi antara lain demam, muntah, leher kaku, sensitif terhadap cahaya, dan bintik-bintik merah di kulit .

3. Tuberkulosis (TBC)

TBC adalah penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC dapat menular melalui udara saat penderita batuk, bersin, atau berbicara. Gejala TBC pada bayi antara lain batuk berdahak atau berdarah, demam, berkeringat di malam hari, nafsu makan menurun, dan berat badan turun .

4. Candidiasis mulut 

Candidiasis mulut adalah infeksi jamur yang menyebabkan bercak putih di lidah, pipi dalam, atau langit-langit mulut. Jamur ini dapat menular melalui kontak langsung dengan mulut penderita atau alat makan yang terkontaminasi. Gejala candidiasis mulut pada bayi antara lain kesulitan menyusu, iritasi kulit di sekitar mulut, dan napas tidak sedap

5. Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes. Impetigo dapat menular melalui kontak langsung dengan luka atau kulit penderita. Gejala impetigo pada bayi antara lain luka merah yang melepuh dan mengeluarkan nanah di wajah, tangan, atau kaki .

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut