get app
inews
Aa Read Next : Imam Tegaskan Warga Depok Ingin Kelanjutan Pembangunan, Bukan Perubahan yang Merugikan

Wakil Walikota Depok Pastikan Aplikasi DSW Segera Terintegrasi Ina Digital, Mudahkan Pelayanan Warga

Senin, 27 Mei 2024 | 18:29 WIB
header img
Wakil Walikota Depo, Imam Budi Hartono. Foto : Ist.

DEPOK, iNews Depok.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menghadiri acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan Peluncuran Government Technology (Govtech) Indonesia yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (27/05/24). 

SPBE Summit yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut dilaksanakan untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah. 

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berpesan kepada seluruh kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah untuk dapat saling mengintegrasikan dan menginteroperabilitas aplikasi, data dan layanannya. 

Sehingga, kesederhanaan dalam pelayanan dapat berdampak kepada masyarakat. 

"Oleh sebab itu, mulai tahun ini berhenti membuat aplikasi. Kehadiran birokrasi itu harus melayani, bukan mempersulit dan memperlambat," ungkapnya saat memberikan sambutan. 

"Sehingga seharusnya yang menjadi tolak ukur adalah kepuasan masyarakat dan memudahkan dalam pelayanan," sambung Jokowi. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengungkapkan, saat ini Kota Depok sudah memiliki Aplikasi Depok Single Window (DSW). 

Aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan berbagai layanan baik kesehatan, kependudukan, maupun tenaga kerja.

Dikatakan Bang Imam sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok, aplikasi tersebut nantinya akan terintegrasi dengan Ina Digital yang diluncurkan pemerintah pusat. 

Sehingga diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan. 

"Pemerintah pusat sudah meresmikan Govtech yang diberi nama Ina Digital, kedepannya akan terintegrasi dengan aplikasi kami. Dengan begitu seluruh layanannya ada pada satu aplikasi saja," jelasnya. 

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen pimpinan instansi kementerian atau lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE. 

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota peraih penghargaan

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut