get app
inews
Aa Read Next : Aksi Dukung Gaza, Houthi Bersumpah Untuk Terus Memblokir Laut Merah Bagi Kapal-kapal Israel

5 Krisis yang di Alami Gaza Selama Perang Hamas-Israel

Rabu, 18 Oktober 2023 | 07:55 WIB
header img
Warga di Gaza menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari air minum aman yang tersedia. Foto: Fatima Shbair/AP Photo.

DEPOK, iNewsdepok.id - Pemboman tanpa henti di Gaza selama sepuluh hari oleh Israel telah menyebabkan kerusakan luas pada sekolah-sekolah dan rumah sakit serta membuat hampir satu juta orang mengungsi, dan lembaga-lembaga bantuan memperingatkan akan adanya kekurangan pasokan medis yang “bencana” di wilayah kantong yang terkepung tersebut.

Israel membenarkan serangan brutalnya setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sedikitnya 1.300 warga Israel. Sejak saat itu, bencana ini memutus pasokan air, listrik dan bahan bakar, sehingga menjebak 2,3 juta orang.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) menggambarkan situasi di Gaza sebagai “menjijikkan” ketika warga berjuang untuk mendapatkan kebutuhan dasar seperti makanan dan air serta berjuang untuk mendapatkan perawatan medis di rumah sakit pada titik puncaknya.

Israel telah memerintahkan 1,1 juta orang untuk pindah dari utara ke selatan, menyebabkan kepanikan dan kesengsaraan bagi puluhan ribu orang di wilayah yang menghadapi stagnasi ekonomi akibat 16 tahun blokade Israel.

Inilah yang kami ketahui tentang bagaimana serangan Israel baru-baru ini membuat kehidupan sehari-hari di Gaza menjadi lebih sulit:

Pelayanan medis

Kelompok Bantuan Medis untuk Palestina (MAP) yang berbasis di Inggris mengatakan rumah sakit di Gaza menghadapi kekurangan pasokan medis yang “bencana”, di tengah “blokade total” yang dilakukan Israel.

“Persediaan darurat, trauma, dan bedah dengan cepat habis di rumah sakit dan gudang mitra kesehatan, dengan masuknya pasokan kemanusiaan masih belum memungkinkan,” manajer advokasi dan kampanye MAP di Tepi Barat, Aseel Baidoun mengatakan. “Ada kekurangan darah. Persediaan obat-obatan terbatas."

Menderita pemadaman listrik di seluruh Gaza, rumah sakit-rumah sakit harus menggunakan generator eksternal – sebuah cadangan yang terus berjalan menjelang beberapa jam terakhir, menurut Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Hal ini akan menempatkan ribuan pasien pada risiko yang besar , banyak dari mereka sudah berada di garis antara hidup dan mati seperti pasien ginjal dan kanker.

Saat ini, 50.000 wanita hamil di Gaza tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan karena beberapa rumah sakit telah dibom, menurut Dana Kependudukan PBB.

Bayi baru lahir yang berada di inkubator rumah sakit juga berisiko jika listrik padam, menurut Fabrizio Carboni, direktur regional ICRC untuk Timur Dekat dan Tengah.

“Rumah sakit tidak bisa beroperasi lebih lama lagi. Listrik masih padam. Generator berbahan bakar rumah sakit akan segera mati. Sistem kesehatan akan runtuh. Rumah sakit akan berubah menjadi kuburan,” Mohamed Kandil, direktur unit gawat darurat di Rumah Sakit Nasser, dikutip dari Al Jazeera.

Kandil menambahkan, rumah sakit yang terletak di Khan Younis itu menerima pasien baru setiap menitnya menyusul aliran pasien yang terus menerus selama seminggu terakhir.

Menurut UNRWA, terdapat kekurangan kantong jenazah untuk jenazah dan orang-orang terpaksa menyimpan jenazah di truk es krim.

Ashraf al-Qidra, juru bicara kementerian kesehatan Gaza, mengimbau masyarakat untuk pergi ke Rumah Sakit Shifa, yang terbesar di wilayah kantong tersebut, untuk menyumbangkan darah.

“Jika rumah sakit berhenti bekerja, seluruh dunia akan bertanggung jawab atas nyawa ratusan bahkan ribuan pasien yang bergantung pada layanan kami, terutama dari Shifa,” kata al-Qidra. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan rumah sakit “kebanjiran” ketika orang mencari keselamatan. Kerusakan langsung akibat serangan udara telah terjadi di 24 fasilitas kesehatan, termasuk enam rumah sakit, sementara 15 petugas kesehatan tewas, 27 lainnya luka-luka, dan 23 ambulans rusak, menurut WHO.

Sebanyak 23 fasilitas pemerintah dan LSM lainnya yang hanya beroperasi sebagian, merawat rata-rata 1.000 pasien setiap hari – jauh melebihi kapasitas mereka, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Sektor kesehatan di Gaza sudah hancur akibat pendudukan Israel selama bertahun-tahun. 

Menurut Bank Dunia, Gaza memiliki 1,3 tempat tidur rumah sakit untuk setiap 1.000 orang – dibandingkan dengan 3,3 tempat tidur rumah sakit. per 1.000 di Israel.

Kekhawatiran terhadap penyebaran epidemi meningkat karena masuknya orang-orang ke rumah sakit sementara anak-anak di sana sudah tertular penyakit cacar, menurut UNRWA.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut