get app
inews
Aa Read Next : Warga Gaza Hadapi Kelaparan, Pakar Hak Asasi Manusia PBB Beri Peringatan Terjadinya Genosida

Dedikasikan Kemenangan Kriket Pakistan untuk Gaza, Rizwan Tuai Kontroversi

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 03:55 WIB
header img
Mohammad Rizwan merayakan gol keseratusnya pada pertandingan Piala Dunia Kriket Putra ICC melawan Sri Lanka di Hyderabad, India pada Rabu (11/10/2023). Foto: Pakistan Cricket/X

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemain Kriket asal Pakistan Mohammad Rizwan, menghadapi reaksi buruk di India setelah mendedikasikan kemenangan timnya di Piala Dunia Kriket ICC baru-baru ini melawan Sri Lanka untuk rakyat Gaza, yang telah menghadapi pemboman Israel tanpa henti selama beberapa hari terakhir.

Rizwan dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan setelah dia mencetak gol ke-Seratusnya saat Pakistan menyelesaikan rekor lari tertinggi yang pernah sukses di turnamen untuk mengalahkan Sri Lanka dengan enam gawang di Hyderabad, India.

Selain itu, ia satu-satunya pemukul yang mencetak 2000 run dalam satu tahun kalender di T20. Dia adalah pemain kidal dan penjaga gawang yang telah mencetak gol selama berabad-abad di ketiga format internasional: Tests, One DayInternasional, dan Twenty20 Internationals.

“Ini untuk saudara-saudari kita di Gaza,” tulisnya dalam sebuah postingan di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, pada hari Rabu, (11/10/2023).

Penjaga gawang berusia 31 tahun itu juga menulis pesan belasungkawa bagi orang-orang yang terkena dampak gempa bumi di Afghanistan , namun dukungannya kepada warga Palestina yang terkepunglah yang mendapat reaksi keras dari penggemar Kriket di India.

Pakistan akan menghadapi musuh bebuyutannya India pada pertandingan berikutnya di Ahmedabad pada hari Sabtu, dan beberapa penggemar India telah meminta Board of Control for Cricket in India (BCCI) untuk memboikot pertandingan tersebut dan melarang Rizwan bermain di turnamen tersebut.

Beberapa penggemar India meminta International Cricket Counci (ICC) untuk melarang Rizwan karena postingannya yang “Benar-benar gila”.

Seorang penggemar di India mengkritik BCCI yang “tidak diganggu” karena memberikan “Platform bagi agenda Palestina” kepada pemain kriket Pakistan yang akan “menghasut para pendukung Hamas dan Palestina di India”.

Sementara itu, jurnalis India Sudhir Chaudhary menulis di X bahwa: #ICCCricketWorldCup23 ini bukan hanya kriket tetapi juga medan pertarungan ideologi politik dan agama.

ICC sebelumnya telah melarang pemain membuat pernyataan politik, meskipun mereka bebas menggunakan platform media mereka sendiri di luar lapangan pertandingan.

Pada tahun 2014, badan pengatur global tersebut melarang pemain serba bisa asal Inggris, Moeen Ali, mengenakan gelang bertuliskan “Selamatkan Gaza” dan “Bebaskan Palestina”. 

Selain itu, Pada tahun 2019, MS Dhoni dari India diperintahkan oleh ICC untuk melepas sarung tangan dengan logo belati kontroversial yang tampaknya merupakan simbol militer, dalam pertandingan Piala Dunia melawan Australia. 

Namun, kecil kemungkinan BCCI akan mengambil tindakan atas pernyataan Rizwan tersebut. 

Laporan di media India menunjukkan bahwa BCCI menganggap pertandingan hari Sabtu sebagai acara utama Piala Dunia Kriket dan telah merencanakan upacara akbar sebelum pertandingan setelah memutuskan untuk tidak mengadakan upacara pembukaan pada hari pembukaan turnamen.

Perlakuan khusus yang diberikan untuk pertandingan hari Sabtu tidak luput dari kritik dari bebrapa penggemar India. Mereka mengatakan BCCI tidak akan memboikot tim Pakistan di pertandingan terbesar turnamen tersebut.

Israel terus menyerang Gaza dengan serangan udara, menewaskan lebih dari 1.400 orang setelah menempatkan wilayah kantong tersebut di bawah “pengepungan total” sejak pekan lalu.

Hal ini sebagai respons terhadap serangan mendadak yang dilakukan kelompok Palestina Hamas di Israel pada hari Sabtu, yang menewaskan sedikitnya 1.300 orang.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut